PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGELOLAAN SAMPAH (Studi Di Bank Sampah Surolaras, Suronatan, Kelurahan Notoprajan, Kecamatan Ngampilan, Yogyakarta)

SYAFA’ATUR ROFI’AH, NIM 09230002 (2013) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGELOLAAN SAMPAH (Studi Di Bank Sampah Surolaras, Suronatan, Kelurahan Notoprajan, Kecamatan Ngampilan, Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGELOLAAN SAMPAH (Studi Di Bank Sampah Surolaras, Suronatan, Kelurahan Notoprajan, Kecamatan Ngampilan, Yogyakarta))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGELOLAAN SAMPAH (Studi Di Bank Sampah Surolaras, Suronatan, Kelurahan Notoprajan, Kecamatan Ngampilan, Yogyakarta))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (973kB)

Abstract

Persoalan lingkungan seperti persoalan sampah, sangatlah perlu keterlibatan dan peran semua pihak dalam mengatasi persoalan lingkungan, karena persoalan lingkungan adalah persoalan yang mempunyai keterkaitan antara satu dengan yang lain, di antaranya peran serta masyarakat yang peduli dengan persoalan sampah. kepedulian masyarakat harus senantiasa ditingkatkan agar persoalan yang dihadapi dapat diselesaikan secara bersama-sama dan dilakukan dengan mudah. Kegiatan membangun masyarakat terkait erat dengan memberdayakan masyarakat serta mengembangkannya, di samping memerangi permasalahan sampah dan kebersihan lingkungan juga mendorong masyarakat menjadi lebih aktif dan penuh inisiatif yang telah dimiliki masyarakat Kampung Suronatan. Hal ini dibuktikan oleh berdirinya organisasi pengelolaan sampah di Bank Sampah Surolaras sebagai pengelola sampah menjadi bahan yang menguntungkan dan mampu menjadi alat untuk mengembangkan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode, adapun Rumusan masalahnya, yaitu: 1). Proses pemberdayaan masayarakat melalui pengelolaan sampah yang dilakukan Bank Sampah?, 2). manfaat yang dirasakan masyarakat sekitar dalam pelaksanaan pengelolaan sampah yang dilakukan Bank Sampah Surolaras?. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dan metode penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, dengang teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi(pengamatan), interview, dan dokumentasi. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa proses pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan sampah meliputi sosialisasi, pemetaan wilayah, perencanaan, pelatihan, dan proses penanganan di tempat, proses pengumpulan sampah, proses pengangkutan sampah, proses pengelolaan sampah. Manfaat yang dirasakan masyarakat Suronatan, mereka sangat terbantu dengan adanya Bank sampah karena bagi mereka sampah yang biasanya dibuang sia-sia menjadi barang yang bernilai ekonomis, menambah perekonomian keluarga, menambah silaturrahmi antar masyarakat satu dengan yang lain. Kata Kunci : Pemberdayaan Masyarakat, Pengelolaan Sampah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: SUYANTO, S.Sos. M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Pengelolaan Sampah
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Mar 2014 06:59
Last Modified: 17 Nov 2015 07:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10706

Actions (login required)

View Item View Item