PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN BANK UMUM SYARIAH DAN BANK UMUM KONVENSIONAL MELALUI PENDEKATAN LIKUIDITAS, SOLVABILITAS, DAN RENTABILITAS SEBELUM, SELAMA, DAN SESUDAH KRISIS FINANSIAL GLOBAL 2008 (Studi Kasus pada Bank Umum Syariah dan Bank Umum Konvensional di Indonesia Periode 2007-2010)

WAHYU ISNAINIANTO HADI , NIM. 08390094 (2012) PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN BANK UMUM SYARIAH DAN BANK UMUM KONVENSIONAL MELALUI PENDEKATAN LIKUIDITAS, SOLVABILITAS, DAN RENTABILITAS SEBELUM, SELAMA, DAN SESUDAH KRISIS FINANSIAL GLOBAL 2008 (Studi Kasus pada Bank Umum Syariah dan Bank Umum Konvensional di Indonesia Periode 2007-2010). Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (687kB)

Abstract

Pada tahun 2008 krisis finansial global yang melanda Amerika Serikat telah merambat ke seluruh dunia. Kondisi krisis finansial global tentunya akan mempengaruhi kinerja keuangan suatu bank, dan masing-masing bank memiliki kondisi kinerja keuangan yang berbeda-beda dalam menerima dampak dari krisis global tersebut, termasuk bank konvensional dan bank syariah. Dengan demikian tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan kinerja keuangan bank syariah dan bank konvensional sebelum, selama, dan sesudah krisis finansial global 2008. Dalam mengevaluasi kinerja bank, penelitian ini menggunakan rasio likuiditas, solvabilitas, dan rentabilitas yaitu LDR, CAR, dan ROA. Metode analisis data menggunakan teknik two way anova (anova dua arah) karena memakai dua kategori sekaligus yaitu kategori bank dan kategori periode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasio LDR/FDR perbankan syariah dan bank konvensional berbeda secara signifikan. Akan tetapi, rasio LDR/FDR perbankan tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan pada saat sebelum, selama, dan sesudah krisis. Kemudian jika dilihat dari perbedaan jenis bank dan periode, rasio LDR/FDR perbankan syariah maupun konvensional tidak terdapat perbedaan yang signifikan baik sebelum, selama, maupun sesudah krisis. Hasil penelitian berikutnya menunjukkan bahwa rasio CAR perbankan syariah dan bank konvensional memiliki perbedaan yang signifikan. Akan tetapi, rasio CAR perbankan tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan pada saat sebelum, selama, dan sesudah krisis. Kemudian jika dilihat dari perbedaan jenis bank dan periode, rasio CAR perbankan syariah dan konvensional tidak terdapat perbedaan yang signifikan baik sebelum, selama, maupun sesudah krisis. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara ROA perbankan syariah dan konvensional. Rasio ROA perbankan menunjukkan adanya perbedaan secara signifikan pada saat sebelum, selama, dan sesudah krisis. Kemudian jika dilihat dari perbedaan jenis bank dan periode, rasio ROA perbankan syariah dan konvensional tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan pada saat sebelum, selama, dan sesudah krisis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. M. Fakhri Husein, S.E., M.Si.
Uncontrolled Keywords: krisis finansial global, kinerja keuangan, LDR, CAR, ROA, bank syariah, bank konvensional
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 14 Mar 2014 07:56
Last Modified: 29 Sep 2016 03:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10725

Actions (login required)

View Item View Item