EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE ( LC ) DENGAN BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN SISWA KELAS VIII MTSN SUSUKAN

AGIL ISMA MAULA , NIM. 08600027 (2012) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE ( LC ) DENGAN BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN SISWA KELAS VIII MTSN SUSUKAN. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran learning cycle (LC) dengan berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan Posttest only control group design. Variabel penelitian terdiri atas 3 variabel, yaitu variabel bebasnya adalah pembelajaran model learning cycle (LC) dengan berbantuan lembar kerja siswa (LKS) dan pembelajaran konvensional, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan penalaran siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII sebanyak 228 siswa yang terbagi dalam 7 kelas. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak, dalam hal ini yang diacak adalah kelasnya, diperoleh kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIA sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan pemberian posttest untuk mengetahui kemampuan penalaran siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran learning cycle (LC) dengan berbantuan lembar kerja siswa (LKS) lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional dengan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 69,40 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol 53,61. Seperti halnya perhitungan uji t dua sampel independen 1 sisi, diperoleh bahwa Ho ditolak, artinya bahwa rata-rata kemampuan penalaran siswa kelas eksperimen (Kelas VIIIB) lebih tinggi dari kelas kontrol (Kelas VIIIA).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: MUHAMMAD WAKHID MUSTOFA, M.SI
Uncontrolled Keywords: learning cycle, lembar kerja siswa, kemampuan penalaran
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 11 Mar 2014 16:00
Last Modified: 15 Dec 2016 08:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10735

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum