TANGGAPAN GURU TERHADAP PERANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA

IKA DEWI RATNA SARI, NIM. 08140028 (2012) TANGGAPAN GURU TERHADAP PERANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana tanggapan guru terhadap peranan perpustakaan sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah 63 guru. Untuk memperoleh data yang valid penulis menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket. Pengumpulan data utama dengan kuesioner, alat ukur jawaban dengan skala likert dan data penunjang dengan wawancara kepada kepala sekolah, siswa, dan pustakawan. Berdasarkan hasil analisis data keseluruhan diketahui nilai rata-rata adalah (3,06), jadi berdasarkan skala interval dapat disimpulkan bahwa tanggapan guru terhadap peranan perpustakaan sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMA Negeri 3 Yogyakarta tergolong baik. Berdasarkan skala interval didapat hasil dari tanggapan guru terhadap variabel peranan perpustakaan sekolah sebesar (3) tergolong baik dengan indikator fungsi perpustakaan sekolah sebesar (3,09) yang tergolong baik, hasil dari indikator koleksi perpustakaan sekolah sebesar (2,89) yang tergolong baik, hasil dari indikator sarana perpustakaan sebesar (3,01) yang tergolong baik, indikator sumber daya manusia sebesar (3,01) yang tergolong baik, dan hasil dari variabel kualitas pembelajaran sebesar (3,13) yang tergolong baik dengan hasil dari indikator minat baca sebesar (3,13) yang tergolong baik, hasil dari indikator prestasi belajar sebesar (3,11) yang tergolong baik, hasil dari indikator proses belajar mengajar sebesar (3,14) yang tergolong baik pula. Namun demikian dari segi koleksi perpustakaan SMA Negeri 3 Yogyakarta sekolah terutama kemutakhiran masih banyak yang menilai kurang baik. Oleh karena itu perpustakaan lebih meningkatkan koleksinya agar dapat selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: perpustakaan sekolah, kualitas pembelajaran
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 14 Mar 2014 14:57
Last Modified: 13 Oct 2015 10:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10739

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum