PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN (SIZE) DAN LIKUIDITAS TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) MELALUI LABA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA

AFISHAR RAMADHAN, NIM. 09390062 (2013) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN (SIZE) DAN LIKUIDITAS TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) MELALUI LABA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN (SIZE) DAN LIKUIDITAS TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) MELALUI LABA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN (SIZE) DAN LIKUIDITAS TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) MELALUI LABA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (890kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan (size) yaitu yang diukur dengan total aset dan likuiditas yaitu Financial do deposit ratio (FDR) terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) melalui laba sebagai variabel intervening. Populasi penelitian ini adalah bank umum Syariah yang ada di Indonesia pada periode 2010-2012. Penentuan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling, sampel yang diperoleh adalah 10 bank umum syariah. Alat analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan menggunakan 2 model persamaan dan analisis jalur (path analysis). Pengungkapan CSR pada penelian kali ini diukur dengan menggunakan indeks Islamic Social Reporting (ISR). Hasil analisis data atau hasil regresi model pertama menunjukkan bahwa variabel ukuran perusahaan (size) berpengaruh positif signifikan terhadap laba, sedangkan variabel likuiditas yang diukur menggunakan FDR tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap laba. Hasil regresi model kedua menunjukkan bahwa variabel ukuran perusahaan (size) berpengaruh positif signifikan terhadap CSR, sedangkan variabel likuiditas (FDR) dan laba tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap CSR. Hasil analisis data dengan menggunakan analisis jalur (path analysis) menunjukkan bahwa variabel ukuran perusahaan (size) secara langsung berpengaruh terhadap CSR tanpa harus melalui laba (sebagai variabel intervening) yang memediasinya. Sedangkan variabel likuiditas (FDR) tidak berpengaruh secara langsung terhadap CSR, melainkan harus melalui laba (sebagai variabel intervening) yang memediasinya. Kata Kunci: Ukuran Perusahaan (Size); Likuiditas (FDR); Laba; Corporate Social Responsibility (CSR).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pem,bimbing: 1. Dr. MISNEN ARDIANSYAH, SE., M.Si. 2. H. M. YAZID AFANDI, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Ukuran Perusahaan (Size); Likuiditas (FDR); Laba; Corporate Social Responsibility (CSR).
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Mar 2014 01:09
Last Modified: 26 Sep 2016 03:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10742

Actions (login required)

View Item View Item