TA'LIM MUHAROH AL LUGHAH AL 'ARABIYAH FI AL MADRASAH AL IBTIDAIYAH MUASSASAH QURRATA A'YUN BI JOGJAKARTA (Dirasah tahliliya fil madah wath thoriqah)

TULUS - NIM. 99424280, (2008) TA'LIM MUHAROH AL LUGHAH AL 'ARABIYAH FI AL MADRASAH AL IBTIDAIYAH MUASSASAH QURRATA A'YUN BI JOGJAKARTA (Dirasah tahliliya fil madah wath thoriqah). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (TA'LIM MUHAROH AL LUGHAH AL 'ARABIYAH FI AL MADRASAH AL IBTIDAIYAH MUASSASAH QURRATA A'YUN BI JOGJAKARTA (DIRASAH TAHLILIYAH FI AL MADAH WA AL THARIQAH))
BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (986kB) | Preview
[img] Text (TA'LIM MUHAROH AL LUGHAH AL 'ARABIYAH FI AL MADRASAH AL IBTIDAIYAH MUASSASAH QURRATA A'YUN BI JOGJAKARTA (DIRASAH TAHLILIYAH FI AL MADAH WA AL THARIQAH))
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)

Abstract

Sukses tidaknya suatu program pengajaran seringkali dinilai dari metode dan materi yang digunakan. Dengan metode dan materi yang baik maka akan menghasilkan tujuan pendidikan sesuai yang diharapkan. Baik dibidang keterampilan membaca, berbicara, terjemah dan lain-lain. Intinya kesuksesan dalam pengajaran tergantung pada baik tidaknya metode dan materi yang digunakannya. Kesalahan pada keduanya, akan berefek besar pada berhasil tidaknya proses belajar mengajar. Sebagaimana diketahui bahwasannya dalam lembaga pendidikan untuk materi bahasa asing termasuk bahasa Arab, diajarkan keterampilan mendengar, membaca, berbicara, menulis dan lain-lain, metode dan materipun selalu berkembang, namun sangat disayangkan untuk teori dan praktek keterampilan berbicara (muhadatsah) tidak mendapat porsi yang layak. Lebih menitik beratkan pada keterampilan membaca, mendengar dan menulis, dimana akhirnya santri merasa mengerti bahasanya tapi akan kesulitan bahkan tidak sanggup menggunakannya dalam bahasa lisan. Oleh sebab itu penting sekali untuk mengetahui secara valid kenapa banyak santri yang belajar di lembaga pendidikan agama tetapi tidak bisa memahami pelajaran bahasa Arab khususnya dibidang keterampilan berbicara. Dan hal itu terjadi karena beberapa faktor diantaranya; metode yang digunakan membosankan, terbatasnya sarana dan prasarana yang berkaitan dengan bahasa Arab dan lain-lain. Dari sini kiranya perlu untuk dicarikan solusinya agar pembelajaran bisa berjalan sesuai yang diharapkan, seperti; membuat materi dan metode yang ringkas, mudah dan efesien, melengkapi sarana dan prasarana, memperhatikan tujuan pembelajaran, memperbanyak materi hafalan kosa kata dan muhadatsah. Melihat fenomena diatas maka hendaklah para santri sungguh-sungguh dalam belajar keterampilan berbicara bahasa Arab, dan bagi pendidik jangan hanya sekedar mentransfer ilmu saja tapi bagaimana ilmu yang sudah ditransfer itu bisa difahami dan direalisasikan oleh para santrinya, sehingga proses belajar mengajar keterampilan berbicara bahasa Arab bisa berjalan dengan sukses.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Nizar Ali, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, keterampilan, mendengar, membaca, berbicara, menulis, Bahasa Arab.
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 20 Jul 2012 14:05
Last Modified: 31 Mar 2017 09:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1075

Actions (login required)

View Item View Item