PERANCANGAN FASILITAS KERJA DENGAN PERBAIKAN POSTUR KERJA PADA AKTIVITAS MANUAL MATERIAL HANDLING MENGGUNAKAN ANALISIS METODE RAPID ENTIRE BODY ASSESSMENT (REBA) DAN OVAKO WORKING POSTURE ANALYSIS SYSTEM (OWAS)

AGUS PRASETYO, NIM. 05660035 (2012) PERANCANGAN FASILITAS KERJA DENGAN PERBAIKAN POSTUR KERJA PADA AKTIVITAS MANUAL MATERIAL HANDLING MENGGUNAKAN ANALISIS METODE RAPID ENTIRE BODY ASSESSMENT (REBA) DAN OVAKO WORKING POSTURE ANALYSIS SYSTEM (OWAS). Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Di dalam perusahaan kecil menengah, faktor tenaga manusia masih sangat berperan dalam menentukan produktivitas suatu sistem produksi. Walaupun demikian, keselamatan dan kenyamanan kerja seringkali terabaikan, seperti yang terjadi pada perusahaan tempe Pedro. Hal ini dipengaruhi oleh kondisi fasilitas kerja perusahaan yang kurang ergonomis, sehingga dapat membahayakan tubuh pekerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membuat usulan rancangan fasilitas kerja yang lebih ergonomis menggunakan analisis Rapid Entire Body Assessment (REBA) dan Ovako Working Posture Analysis System (OWAS). Penelitian ini dimulai dengan mengevaluasi postur kerja operator menggunakan metode REBA dan OWAS untuk mengetahui prioritas untuk dilakukan perbaikan fasilitas. Perbaikan fasilitas yang dilakukan adalah dengan menerapkan ilmu anthropometri, yang menyesuaikan fasilitas kerja dengan kondisi tubuh operator. Dari analisis REBA sebelum perbaikan didapatkan nilai action level 4 dan nilai output standar sebesar 0,0685 unit/detik. Setelah dilakukan perbaikan didapatkan action level sebesar 1 dengan nilai output standar 0,0775 unit/detik. Sedangkan dari analisis OWAS sebelum perbaikan didapatkan nilai action category 4 dengan nilai output standar sebesar 0,0293 unit/detik. Setelah perbaikan fasilitas didapatkan nilai action category 1 dengan nilai output standar sebesar 0,0329 unit/detik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Arya Wirabhuana, ST., M.Sc
Uncontrolled Keywords: REBA, RULA, action level, action category, output standar
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 14 Mar 2014 14:57
Last Modified: 14 Dec 2016 09:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10757

Actions (login required)

View Item View Item