PENGEMBANGAN LANJUTAN PRODUK KARTU SPU KARYA WINDA SAYEKTI, S.Pd.Si. UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA KELAS X  

AINUN NADHIFAH, NIM. 08670060 (2012) PENGEMBANGAN LANJUTAN PRODUK KARTU SPU KARYA WINDA SAYEKTI, S.Pd.Si. UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA KELAS X. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (304kB)

Abstract

Penelitian pengembangan lanjutan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa kartu SPU yang dapat digunakan untuk peningkatan motivasi dan prestasi belajar kimia kelas X. Jenis penelitian ini adalah pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan prosedural. Kartu SPU untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar ini merupakan lanjutan dari pengembangan kartu SPU yang telah dilakukan oleh saudari Winda Sayekti, S.Pd.Si. dengan kualitas produk sangat baik (SB). Pengembangan lanjutan ini berdasarkan uji coba produk kartu SPU yang dilakukan di MA Matholiul Huda Troso, Jepara dengan melibatkan peserta didik di tiga kelas. Satu kelas digunakan untuk uji coba awal dan dua kelas (satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas untuk kelas kontrol) digunakan untuk uji coba pemakaian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kognitif, angket motivasi, lembar saran dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Sedangkan tekhnik analisis data untuk tes kognitif dan angket motivasi pada penelitian ini menggunakan uji t sampel independen. Hasil penelitian ini menunjukkan pengembangan lanjutan kartu SPU yang telah di uji cobakan melalui uji terbatas dan uji luas dapat digunakan untuk peningkatan motivasi dan prestasi belajar. Peningkatan motivasi belajar peserta didik yang menggunakan media kartu SPU sebesar 2,33 bila dibandingkan dengan peserta didik yang tidak menggunakan kartu SPU. Sedangkan peningkatan prestasi belajar peserta didik yang menggunakan media kartu SPU sebesar 0,16 bila dibandingkan dengan peserta didik yang tidak menggunakan kartu SPU.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Shidiq Premono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengembangan kartu SPU, Motivasi, prestasi belajar.
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 14 Mar 2014 15:01
Last Modified: 08 Dec 2016 15:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10772

Actions (login required)

View Item View Item