EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN INDUKTIF-DEDUKTIF YANG DIKOLABORASIKAN DENGAN METODE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN SISWA SMP

ASTUTI WIDIYANINGSIH, NIM. 08600049 (2012) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN INDUKTIF-DEDUKTIF YANG DIKOLABORASIKAN DENGAN METODE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN SISWA SMP. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan, tujuan yang pertama untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan induktifdeduktif yang dikolaborasikan dengan metode TPS lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori terhadap pemahaman konsep siswa. Tujuan yang kedua adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan induktif-deduktif yang dikolaborasikan dengan metode TPS lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori terhadap keaktifan siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain posttest-only control design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan pendekatan induktif-deduktif yang dikolaborasikan dengan metode TPS dan pembelajaran ekspositori, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep dan keaktifan belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 3 Patuk sebanyak 89 siswa yang terbagi menjadi tiga kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumah 60 siswa yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa dan kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi pemberian postes untuk mengetahui pemahaman konsep siswa, lembar observasi dan angket untuk mengetahui keaktifan siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas untuk menganalisis hasil postes. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan rata-rata nilai postes siswa kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dari pada rata-rata nilai kelas kontrol. Artinya hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan induktifdeduktif yang dikolaborasikan dengan metode TPS lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori terhadap pemahaman konsep siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan rata-rata skor observasi siswa kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dari pada rata-rata skor observasi kelas kontrol. Berdasarkan analisis data juga diperoleh kesimpulan rata-rata skor skala sikap siswa kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dari pada rata-rata skor skala sikap kelas kontrol. Artinya hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pendekatan induktif-deduktif yang dikolaborasikan dengan metode TPS lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori terhadap keaktifan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ibu Dra. Khurul Wardati, M.Si
Uncontrolled Keywords: induktif-deduktif, Think Pair Share, pemahaman konsep, keaktifan belajar
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 14 Mar 2014 15:01
Last Modified: 15 Dec 2016 08:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10792

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum