Pengembangan Video Pembelajaran IPA (Fisika) Berbasis Pendekatan Lingkungan sebagai Media Pembelajaran untuk SMP/MTs

CECEP RAHMAT, NIM. 07690002 (2012) Pengembangan Video Pembelajaran IPA (Fisika) Berbasis Pendekatan Lingkungan sebagai Media Pembelajaran untuk SMP/MTs. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan media pembelajaran IPA (fisika) berbasis pendekatan lingkungan untuk SMP/MTs kelas VII dalam bentuk video pembelajaran, 2) mengetahui kualitas video pembelajaran IPA (fisika) tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model 4-D, yang meliputi tahap Define, Design, Develop dan Disseminate. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa angket yang berisi aspek dan kriteria tertentu untuk reviewer dan angket penilaian video untuk peserta didik. Uji terbatas dilaksanakan dengan jumlah peserta didik sebanyak 7 orang dari kelas VIIA dan uji luas sebanyak 30 peserta didik kelas VIIC di SMP Islam Paniis, Leuwisari, Tasikmalaya tahun ajaran 2011/2012. Data kualitas video diperoleh dari 7 reviewer (1 ahli materi, 2 ahli media, 2 guru SMP/MTs, 2 peer review). Hasil penilaian dari reviwer yang berupa data kuantitatif dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas produk, dan untuk menganalisis data dari peserta didik digunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah produk pembelajaran berupa video pembelajaran IPA (fisika) dengan materi suhu dan kalor. Kualitas video berdasarkan tinjauan ahli materi memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 94,55%, berdasarkan tinjauan oleh 2 ahli media, diperoleh hasil penilaian dengan persentase keidealan sebesar 84,86% sehingga dikategorikan Sangat Baik (SB), berdasarkan tinjauan 2 guru SMP/MTs dan 2 peer review diperoleh hasil penilaian terhadap video dengan persentase keidealan 89,05% sehingga video dikategorikan Sangat Baik (SB). Hasil penilaian peserta didik terhadap video pembelajaran IPA (fisika) dalam uji terbatas diperoleh persentase penilaian dikategorikan setuju sebesar 66,67% dengan rata rata 3,33 kemudian dilakukan beberapa perbaikan dan diuji luaskan. Berdasarkan hasil analisis uji luas diperoleh persentase penilaian dikategorikan setuju sebesar 66,67% dengan rata-rata 3,37 terhadap video pembelajaran IPA (fisika).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Winarti, M. Pd. Si
Uncontrolled Keywords: engembangan media, Video, Pendekatan lingkungan
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 14 Mar 2014 15:02
Last Modified: 08 Dec 2016 13:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10804

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum