PEMILIHAN SUPPLIER BAHAN BAKU KAYU MENGGUNAKAN METODE FUZZY ANALYTIC NETWORK PROCESS (Studi Kasus di PT. Yogya Indo Global)

DINA AYU RATNASARI, NIM. 08660014 (2012) PEMILIHAN SUPPLIER BAHAN BAKU KAYU MENGGUNAKAN METODE FUZZY ANALYTIC NETWORK PROCESS (Studi Kasus di PT. Yogya Indo Global). Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pemilihan supplier merupakan salah satu aktivitas penting dalam perusahaan. Pemilihan supplier yang salah dapat memperburuk posisi seluruh rantai suplai, keuangan dan operasional. Pemilihan supplier yang tepat secara signifikan akan mengurangi biaya pembelian material dan meningkatkan daya saing perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pemilihan supplier dengan pertimbangan yang lebih komprehensif dan obyektif. Pemilihan supplier menggunakan metode fuzzy ANP, dimana fuzzy digunakan pada skala penilaian perbandingan berpasangan dengan menggunakan variabel linguistik. Metode ANP digunakan untuk pembobotan dan perankingan kriteria dan alternatif. Kriteria pemilihan supplier menggunakan 6 kriteria dan 19 subkriteria. Dari hasil perhitungan didapatkan supplier bahan baku kayu terbaik yaitu CV jati mulyo dengan nilai sebesar 0,263414. Kriteria yang paling menentukan dalam pemilihan supplier ini adalah kualitas dengan nilai 0,31, harga dengan nilai 0,27, pembayaran dengan nilai 0,15. Subkriteria yang paling berpengaruh dalam masing-masing kluster yaitu harga khusus, kayu umur tua minimal 15 tahun, responsiveness, kondisi finansial, ketepatan pengiriman, dan tenggang waktu pembayaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Cahyono Sigit Pramudyo, M.T.
Uncontrolled Keywords: Pemilihan supplier, Fuzzy ANP
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 14 Mar 2014 15:03
Last Modified: 18 Mar 2016 13:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10816

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum