PREPARASI DAN KARAKTERISASI PLASTIK BIODEGRADABLE BERBAHAN DASAR TAPIOKA DAN PEKTIN KULIT PISANG DENGAN VARIASI PLASTICIZER GLISEROL

EDY SUHARSONO, NIM. 07630010 (2012) PREPARASI DAN KARAKTERISASI PLASTIK BIODEGRADABLE BERBAHAN DASAR TAPIOKA DAN PEKTIN KULIT PISANG DENGAN VARIASI PLASTICIZER GLISEROL. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)

Abstract

Kulit pisang merupakan limbah industri sale pisang, kripik pisang dan penggorengan pisang yang belum dimanfaatkan secara maksimal. Kulit pisang mempunyai kadar pektin yang tinggi, sehingga dapat diekstrak senyawa pektinnya sebagai plastik biodegradable. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi pektin kulit buah pisang kepok, mempelajari pengaruh penambahan plasticizer gliserol terhadap karakteristik dan biodegradasi plastik biodegradable dari pektin kulit buah pisang kepok. Penelitian ini dilakukan melalui lima tahap, yaitu pembuatan bubuk kulit pisang, isolasi pektin, pembuatan plastik biodegradable,uji mekanik berupa ketebalan, gaya regang, kemuluran, dan uji biodegradasi dengan tanah kompos kotoran sapi. Metode yang digunakan adalah pencampuran secara hot blending dengan variasi 0,25; 0,50; 0,75; 1; 1,25, dan 1,50% gliserol dalam Na-pektin dan tapioka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi plasticizer gliserol mempengaruhi karakteristik plastik biodegradable. Nilai kemuluran maksimum ditunjukkan pada konsentrasi 1% gliserol dengan nilai kemuluran 29,97%. Semakin banyak penambahan gliserol menyebabkan degradasi plastik semakin cepat. Uji biodegradasi paling lama pada konsentrasi gliserol 0,50% yaitu selama empat belas hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Endaruji Sedyadi, S.Si.
Uncontrolled Keywords: Kulit Pisang, pektin, plastik biodegradable, gliserol, tapioka
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 14 Mar 2014 15:04
Last Modified: 08 Dec 2016 15:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10823

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum