PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK BIOLOGI PADA MATERI POKOK CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP UNTUK KELAS VII DI MTs NEGERI NGEMPLAK

EKA SARI SUNROIWATI, NIM. 07680004 (2012) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK BIOLOGI PADA MATERI POKOK CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP UNTUK KELAS VII DI MTs NEGERI NGEMPLAK. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran komik biologi materi pokok ciri-ciri makhluk hidup sebagai media pembelajaran alternatif bagi siswa SMP/MTs dan mengetahui hasil kualitas komik yang dikembangkan ditinjau dari tujuh aspek penilaian yaitu aspek kebenaran konsep, kedalaman konsep, keluasan konsep, keterlaksanaan, kebahasaan, mutu gambar, dan tampilan menyeluruh. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) dengan produk buku komik biologi materi pokok ciri-ciri makhluk hidup. Pengembangan ini dilakukan dengan melalui beberapa tahap yaitu analisis, desain, pengembangan dan produksi, implementasi, dan evaluasi. Instrumen penilaian berupa angket. Penilaian dilakukan oleh satu orang dosen ahli materi, satu orang guru bahasa indonesia sebagai ahli bahasa, satu orang dosen ahli media, tiga orang mahasiswa pendidikan biologi peer reviewer, dua orang guru biologi dan 13 orang siswa MTsN Ngemplak. Hasil penelitian berupa data kualitatif diubah menjadi data kuantitatif untuk memperoleh skor penilaian. Setelah itu data kuantitatif diubah lagi ke kualitatif untuk menentukan kualitas komik baik atau tidak. Komik biologi hasil pengembangan ini mempunyai karakteristik yaitu, komik biologi berisi materi ciri-ciri makhluk hidup yang disajikan dalam bentuk buku full color. Komik ini memuat narasi tentang penjelasan alur cerita, pengenalan tokoh, ringkasan materi, soal latihan dan glosarium. Hasil penilaian satu orang dosen ahli materi memperoleh nilai 78,52% dengan kategori baik (B), penilaian satu orang ahli bahasa memperoleh nilai 80% dengan kategori baik (B), penilaian satu orang dosen ahli media memperoleh nilai 87,37% dengan kategori sangat baik (SB), penilaian peer reviewer memperoleh nilai 91,85% dengan kategori sangat baik (SB), penilaian dua orang guru biologi memperoleh nilai 74,44% dengan kategori baik (B), dan penilaian siswa MTsN Ngemplak memperoleh nilai 88,94% dengan kategori sangat setuju (SS). Dilihat dari nilai pretest dan postest terdapat peningkatan nilai rata-rata siswa dari 4,9231 menjadi 6,000, sehingga komik biologi ini layak digunakan sebagai media pembelajaran alternatif bagi siswa SMP/MTs.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Research and Development (R&D), Media Pembelajaran Komik Biologi
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 14 Mar 2014 15:04
Last Modified: 02 Mar 2016 11:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10825

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum