PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA SMP BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI PENCAPAIAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH

ERNA WAHYUNI, NIM. 08600078 (2012) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA SMP BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI PENCAPAIAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (329kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk Menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika SMP Berbasis Kontekstual untuk memfasilitasi pencapaian kemampuan memecahkan masalah yang layak dipakai dalam proses pembelajaran dan untuk mengetahui kualitas Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika SMP Berbasis Kontekstual dan respon siswa terhadap Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika SMP Berbasis Kontekstual untuk memfasilitasi pencapaian kemampuan memecahkan masalah Prosedur pengembangan mengadaptasi dari dari model penelitian dan pengembangan (Research and Development, R&D) yang dikembangkan oleh Borg dan Gall dalam Sugiyono (2008) meliputi tahap pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap uji coba. LKS Matematika Berbasis Kontekstual dikembangkan dengan memuat tujuh prinsip pembelajaran berbasis kontekstual yaitu kontruktivisme, penemuan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian sebenarnya. Produk ini telah beberapa kali melalui tahap revisi berdasarkan saran dan masukan dari dosen pembimbing, validator, uji coba terbatas, dan uji coba lapangan. Kualitas LKS Matematika SMP Berbasis Kontekstual tergolong dalam kategori baik dengan persentase keidealan 79,12%. Respon siswa terhadap LKS ini tergolong dalam kategori sangat tinggi dengan skor 40,69 dari skor maksimal ideal 45 dan persentase keidealan respon 90,42%. Setelah menggunakan LKS Matematika SMP Berbasis Kontekstual kemampuan siswa dalam memecahkan masalah bisa terfasilitasi terbukti dengan nilai rata-rata hasil evaluasi kemampuan pemecahan masalah lebih besar dari pada nilai KKM yang berlaku di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sugiman, M.Si.
Uncontrolled Keywords: LKS, Kontekstual, Pemecahan Masalah
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Users 70 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2014 08:04
Last Modified: 22 Jan 2016 07:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10828

Actions (login required)

View Item View Item