PENGARUH PENGGUNAAN WEB PADA PEMBELAJARAN FISIKA MATERI LISTRIK DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA

FITRI NUR HIKMAH, NIM. 06690026 (2012) PENGARUH PENGGUNAAN WEB PADA PEMBELAJARAN FISIKA MATERI LISTRIK DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (22MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh pembelajaran menggunakan web untuk meningkatkan keterampilan generik sains siswa, 2) tanggapan siswa terhadap penggunaan web pada pembelajaran fisika. Metode penelitian adalah kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 5 Yogyakarta. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XA dan XE. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling atau sampel kelompok yaitu cara pengambilan sampel secara acak berdasarkan pada kelompok kelas. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah metode tes dan angket. Teknik analisis data hasil tes keterampilan generik sains siswa menggunakan uji � dua sampel dengan bantuan Microsoft Office Exel 2007, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Sedangkan untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan web menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh 1) penggunaan web pada pembelajaran fisika berpengaruh untuk meningkatkan keterampilan generik sains siswa, dimana � ������ = 3,06 lebih besar dari � = 2 dengan α = 5% dan db = 61. Keterampilan generik yang meningkat berupa pengamatan tak langsung, hukum sebab akibat, �� � inferensi logika, dan pemodelan matematika; 2) siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan web pada pembelajaran fisika, dimana hasil angket menunjukkan bahwa persentase tanggapan siswa ≥ 75% yang terdiri dari hasil pada aspek teknis web sebesar 75%, aspek isi web sebesar 75,3%, aspek tampilan web 83,9%, dan aspek motivasi 79,4%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Murtono, M.Si
Uncontrolled Keywords: Web, Pembelajaran Fisika, Keterampilan Generik Sains
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 14 Mar 2014 15:06
Last Modified: 08 Dec 2016 13:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10849

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum