PERANAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PENDIDIKAN NON FORMAL MASYARAKAT DI KAUMAN YOGYAKARTA

UMI AS'ADAH - NIM. 02141210, (2008) PERANAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PENDIDIKAN NON FORMAL MASYARAKAT DI KAUMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PERANAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PENDIDIKAN NON FORMAL MASYARAKAT di KAUMAN YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERANAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PENDIDIKAN NON FORMAL MASYARAKAT di KAUMAN YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (805kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dari hasil penelitan menunjukkan: 1. Upaya MABULIR dalam mengenalkan dan mengembangkan perpustakaannya kepada masyarakat luas dilalui dengan perjuangan yang sangat keras. Hal ini dapat dilihat dari perjuangan MABULIR yang tergambar dari bagaimana proses dan cara yang ditempuhnya. Berbagai cara diambil untuk mensosialisasikan perpustakaan dengan ragam kegiatannya. Sehingga hasilnya MABULIR dapat dimanfaatkan dan dikenal oleh banyak kalangan masyarakat. 2. Implementasi dari program-program yang direncanakannya dapat berjalan dengan cukup baik. Keberhasilannya dapat dilihat dari terbentuknya kelompok baca, kelompok pembaca dan pengguna, yang cabangnya tersebar di berbagai kota di Jawa. 3. Namun demikian, keberhasilan MABULIR tidak terlepas dari segala faktor penghambat yang mengiringinya. Di antara faktor penghambat yang cukup dominan adalah bagaimana sulitnya berjuang memberikan pendidikan kepada masyarakat yang kondisi perekonomiannya berada di bawah rata-rata, rendahnya budaya baca di kalangan masyarakat dan kekurangan fasilitas pendukung seperti komputer dan sebagainya. 4. Faktor pendukung dalam keberhasilan MABULIR antara lain perhatian dan apresiasi yang cukup menggembirakan dari berbagai pihak yang peduli kepada pendidikan generasi penerus bangsa ini. Dukungan ini diwujudkan dalam bentuk memberikan bantuan baik berupa uang, buku, komputer dan penghargaan-penghargaan atas capaian-capaian luhur MABULIR. 5. Peranan mulia MABULIR dalam memberikan pendidikan nonformal kepada masyarakat luas tidak dapat dipungkiri lagi. Hal ini tampak nyata dari upaya tanpa jera MABULIR, meski pelbagai kendala menderanya, dalam memberikan bahan bacaan kepada masyarakat, membuat kelompok baca dan membentuk kelompok belajar yang kemudian diikutkan dalam ujian kejar paket A dan B yang buah dari semua itu adalah geliat wajah pendidikan di masyarakat luas yang sekarang mulai sangat dirasakan manfaatnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Ainul Yakin, S.Ag. M.Ed.
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan, pendidikan non formal
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 21 May 2012 13:54
Last Modified: 23 Dec 2016 11:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1085

Actions (login required)

View Item View Item