IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS MIND MAPS METHOD DENGAN PEMANFAATAN MEDIA CD INTERAKTIF KARYA EKA WIJAYANTI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS BERPIKIR DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK SISTEM PERIODIK UNSUR KELAS X MA IBNUL QOYYIM TAHUN PELAJARAN 2011/2012

HANIATI RAHAYU, NIM.08670065 (2012) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS MIND MAPS METHOD DENGAN PEMANFAATAN MEDIA CD INTERAKTIF KARYA EKA WIJAYANTI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS BERPIKIR DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK SISTEM PERIODIK UNSUR KELAS X MA IBNUL QOYYIM TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (349kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas berpikir dan prestasi belajar peserta didik pada ranah kognitif. Peningkatan tersebut diupayakan dengan menerapkan metode mind map dan media CD interaktif karya Eka Wijayanti dalam proses pembelajaran kimia di MA Ibnul Qoyyim tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), dan sebagai subyek penelitiannya adalah peserta didik kelas X-B. Data yang dikumpulkan berupa data kreativitas berpikir peserta didik yang diperoleh dari lembar observasi kreativitas dan data prestasi belajar pada ranah kognitif peserta didik yang diperoleh dari nilai pre-test dan post-test pada siklus 1 dan 2. Data kreativitas berpikir yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan memaparkan persentase masing-masing aspek dalam kreativitas berpikir. Sementara itu, data prestasi belajar pada ranah kognitif peserta didik ditabulasikan dalam bentuk rerata kelas. Peningkatan prestasi belajar peserta didik diketahui dari nilai effect size antar siklus yaitu selisih antara nilai rerata post-test siklus 2 dengan nilai rerata post-test siklus 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendekatan Keterampilan Proses dapat meningkatkan kreativitas berpikir dan prestasi belajar peserta didik kelas XB MA Ibnul Qoyyim pada materi pokok sistem periodik unsur. Peningkatan kreativitas berpikir peserta didik ditunjukkan oleh kenaikan skor kreativitas berpikir peserta didik dari 14,76 pada siklus 1 menjadi 18,94 pada siklus 2. Sementara itu, peningkatan prestasi belajar peserta didik ditunjukkan dengan adanya nilai effect size antara siklus 1 dan siklus 2, yaitu sebesar 1,45.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Susy Yunita Prabawati M.Si.
Uncontrolled Keywords: Penelitian Tindakan Kelas, Metode Mind Map, Media CD Interaktif, Kreativitas Berpikir, Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Users 70 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2014 15:05
Last Modified: 19 Feb 2016 14:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10854

Actions (login required)

View Item View Item