EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DIKOLABORASIKAN DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 YOGYAKARTA

IKA AMIRIN, NIM. 08600061 (2012) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DIKOLABORASIKAN DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dikolaborasikan dengan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dibandingkan dengan pendekatan yang biasa digunakan oleh guru terhadap kemampuan pemecahan masalah dan keaktifan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Yogyakarta. Pada penelitian ini pembelajaran dilaksanakan pada pokok bahasan prisma. Penelitian ini menggunakan desain eksperimental-kuasi dengan bentuk Static Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Yogyakarta tahun pelajaran 2011/2012 yang terbagi menjadi 5 kelas (169 siswa), sedangkan sampel penelitian terbagi menjadi 2 kelas, yaitu 33 siswa kelas kontrol dan 34 siswa kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen dilaksanakan dengan pendekatan CTL dikolaborasikan dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT, sedangkan pembelajaran pada kelas kontrol dilaksanakan dengan pendekatan yang biasa digunakan oleh guru. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Mann-Whitney U karena data kemampuan pemecahan masalah dan data keaktifan belajar tidak berdistribusi normal. Berdasarkan analisis data tes diperoleh nilai Asymp.Sig (2-tailed) = 0,000. Rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen = 65,353, sedang rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas kontrol = 25,858. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol terhadap kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan analisis data angket diperoleh nilai Asymp.Sig (2-tailed) uji Mann-Whitney U = 0,787. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata keaktifan belajar kelas eksperimen sama dengan rata-rata keaktifan belajar kelas kontrol. Oleh karena itu, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan CTL dikolaborasikan dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT dibandingkan dengan pendekatan yang biasa digunakan oleh guru lebih efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah, namun tidak lebih efektif terhadap keaktifan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Edi Prajitno, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Contextual Teaching and Learning (CTL), Numbered Head Together (NHT), Kemampuan Pemecahan Masalah, Keaktifan Belajar
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 14 Mar 2014 15:06
Last Modified: 22 Jan 2016 16:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10867

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum