EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) YANG DIKOMBINASIKAN DENGAN METODE COURSE REVIEW HOREY TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS NEGERI SLEMAN KOTA (Pokok Bahasan Kubus dan Balok)

IMA ELISA, NIM. 08600054 (2012) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) YANG DIKOMBINASIKAN DENGAN METODE COURSE REVIEW HOREY TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS NEGERI SLEMAN KOTA (Pokok Bahasan Kubus dan Balok). Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektivan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) yang dikombinasikan dengan metode course review horey dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan model konvensional terhadap motivasi dan hasil belajar matematika. Penelitian dilakukan di kelas VIII MTsN Sleman Kota tahun ajaran 2011/2012 semester genap pada pokok bahasan kubus dan balok. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain posttest only control design. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari 3 variabel bebas yaitu model pembelajaran kooperatif tipe NHT yang dikombinasikan dengan metode course review horey, model pembelajaran kooperatif tipe NHT, dan model konvensional, sedangkan variabel terikat yaitu motivasi belajar dan hasil belajar matematika. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Sleman Kota tahun ajaran 2011/212 yang terdiri dari 6 kelas (sebanyak 205 siswa). Sampel terdiri dari 3 kelas yaitu kelas eksperimen I, eksperimen II, dan kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket motivasi belajar dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT yang dikombinasikan dengan metode course review horey lebih efektif dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan model konvensional terhadap motivasi belajar. Hal ini dapat dilihat pada uji Scheffe nilai signifikansi kurang dari 0,05. Nilai sig. 0,000 < 0,05 terhadap model konvensional dan nilai sig. 0,002 < 0,05 terhadap model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Pada hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe NHT yang dikombinasikan dengan metode course review horey lebih efektif dibandingkan model konvensional, namun tidak lebih efektif terhadap model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Pengujian hipotesis terhadap model konvensional pada uji Scheffe dengan nilai sig. 0,032 < 0,05, sedangkan terhadap model pembelajaran kooperatif tipe NHT nilai sig. 0,702 > 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Suparni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe NHT yang dikombinasikan dengan metode course review horey, model pembelajaran kooperatif tipe NHT, model pembelajaran konvensional, motivasi belajar, dan hasil belajar matematika
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Users 70 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2014 08:06
Last Modified: 25 Jan 2016 01:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10868

Actions (login required)

View Item View Item