EFEKTIVITAS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

IMRAATUN AKHLAQUL KARIMAH, NIM. 08600085 (2012) EFEKTIVITAS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dipadukan dengan strategi Cooperative Learning tipe Group Investigation (GI) dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan pendekatan konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif dan keaktifan siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Depok pada materi pokok segiempat. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain non-equivalent posttest only design. Variabel penelitian terdiri dari 4 (empat) variabel, yaitu 2 (dua) variabel bebas berupa pendekatan CTL dengan strategi Cooperative Learning tipe GI dan pendekatan konvensional serta 2 (dua) variabel terikat berupa kemampuan berpikir kreatif dan keaktifan siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Depok yang berjumlah 42 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh karena keterbatasan jumlah kelas dalam sekolah tersebut. Jadi yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik test, angket, observasi, dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan CTL dipadukan dengan strategi Cooperative Learning tipe GI lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan pendekatan konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif. Pendekatan CTL dipadukan dengan strategi Cooperative Learning tipe GI juga lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan pendekatan konvensional terhadap keaktifan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Edi Prajitno, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning (CTL), Cooperative Learning tipe Group Investigation (GI), Berpikir kreatif, Keaktifan siswa.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Users 70 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2014 07:58
Last Modified: 25 Jan 2016 01:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10869

Actions (login required)

View Item View Item