EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN TEKNIK PERMAINAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP   DAN KEAKTIFAN SISWA SMP

INDRI NOVITASARI, NIM. 08600033 (2012) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN TEKNIK PERMAINAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP   DAN KEAKTIFAN SISWA SMP. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui keefektifan metode pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan teknik permainan dibanding metode pembelajaran ekspositori terhadap pemahaman konsep. (2) mengetahui keefektifan metode pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan teknik permainan dibanding metode pembelajaran ekspositori terhadap keaktifan siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain Posttest-Only Control Design. Variabel bebas yaitu metode pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dengan teknik permainan, sedangkan variabel terikat yaitu pemahaman konsep dan keaktifan siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 3 Patuk tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 89 siswa. Sampel dipilih dengan teknik simple random sampling sehingga diperoleh kelas VIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIA sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data meliputi pemberian posttest untuk mengetahui pemahaman konsep siswa dan angket untuk mengetahui keaktifan siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test. Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata nilai sig (1-tailed) sebesar 0.0055 yang berarti lebih kecil dari 0.05, maka disimpulkan rata-rata nilai posttest siswa kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan daripada rata-rata nilai posttest kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan teknik permainan lebih efektif dibanding dengan metode pembelajaran ekspositori terhadap pemahaman konsep. Berdasarkan analisis data angket keaktifan diperoleh nilai Sig (1-tailed) sebesar 0.060 yang berarti lebih besar dari 0.05, maka disimpulkan rata-rata skor angket keaktifan siswa kelas eksperimen tidak lebih tinggi daripada rata-rata skor angket keaktifan siswa kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan teknik permainan tidak lebih efektif dibanding dengan metode pembelajaran ekspositori terhadap keaktifan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs.Edi Prajitno, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Team Assisted Individualization (TAI), teknik permainan, pemahaman konsep, keakatifan siswa
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 14 Mar 2014 15:06
Last Modified: 13 Oct 2015 10:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10871

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum