EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BERBANTUAN LKS TERHADAP PENALARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs N DOLOPO MADIUN

KHUZNIYYATUS SA’ADAH , NIM. 08600021 (2012) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BERBANTUAN LKS TERHADAP PENALARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs N DOLOPO MADIUN. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (247kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sejauh mana efektifitas model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment and Satisfaction) berbantuan LKS terhadap kemampuan penalaran matematika siswa kelas VIII MTsN Dolopo Madiun. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan desain control posttest-only. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, veriabel bebasnya adalah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS berbantuan LKS dan pembelajaran konvensional sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan penalaran matematika. Populasi dalam penelitaian ini adalah siswa kelas VIII MTs N Dolopo Madiun berjumlah 221 siswa yang terbagi dalam 7 kelas. Pemilihan sampel diperoleh secara acak, yaitu siswa kelas VIIID sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIIIE untuk kelas kontrol. Metode pengumpualan data adalah dengan menggunakan posttest untuk mengetahui kemampuan penalaran matematika siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t sampel independen (independent sample t-test), yang sebelumnya telah dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran ARIAS berbantuan LKS berbantuan LKS lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dengan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 63,43 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol adalah 50,89. Senada dengan hasil perhitungan uji t dua sampel independen 1 sisi, diperoleh bahwa Ho ditolak. Karena Ho ditolak maka diperoleh bahwa rata-rata kemampuan penalaran siswa kelas eksperimen (Kelas VIIID) lebih tinggi dari kelas kontrol (Kelas VIIIE).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Wahid Musthofa, M.Si.
Uncontrolled Keywords: efektivitas, model pembelajaran ARIAS, lembar kegiatan siswa (LKS), kemampuan penalaran matematika
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Users 70 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2014 08:07
Last Modified: 25 Jan 2016 02:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10879

Actions (login required)

View Item View Item