ESTIMASI NILAI KETIDAKPASTIAN PENGUKURAN MESIN OPTICAL EMISSION SPECTOMETER (OES) PADA ANALISIS PENGUJIAN KANDUNGAN Fe PADA ALUMINIUM INGOT GRADE S1-B DENGAN MENERAPKAN ISO – GUM

LUKMAN IKSAN BUDIYANTO , NIM. 08660072 (2012) ESTIMASI NILAI KETIDAKPASTIAN PENGUKURAN MESIN OPTICAL EMISSION SPECTOMETER (OES) PADA ANALISIS PENGUJIAN KANDUNGAN Fe PADA ALUMINIUM INGOT GRADE S1-B DENGAN MENERAPKAN ISO – GUM. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Pengukuran atau proses analisis terhadap suatu sampel ukur bukanlah hal yang simpel dan mudah. Di jaman seperti ini garansi kualitas terhadap suatu produk hasil pengukuran merupakan hal yang dianggab penting bagi konsumen .Hal ini tentunya disesuaikan dengan urgensi dari pengukuran yang dilakukan. Estimasi nilai ketidakpastian pengukuran merupakan suatu proses untuk memberikan garansi kualitas kepada pelanggan. PT INALUM merupakan perusahaan yang bergerak dibidang percetakan aluminium. Dengan melalui proses panjang suatu aluminium ingot berahir pada proses Quality Control di laboratorium. Pengestimasian nilai ketidakpastian pada perusahaan ini sangat penting dilakukan agar meyakinkan konsumen terhadap produk yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya nilai ketidakpastian pengukuran kadar aluminium ingot grade S1-B dengan menggunakan mesin Optical emission Spectometer dan untuk mengetahui pengaruh nilai ketidakpastian tersebut terhadap produk yang dihasilkan. Penelitian ini dilakukan dengan mengaplikasikan peta kontrol untuk mengetahui rata-rata proses berjalan dan melakukan pengestimasian ketidakpastian mesin OES serta melakukan perhitungan mengenai pengaruh nilai ketidakpastian tersebut terhadap produk yang dihasilkan. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai ketidakpastian mesin OES sebesar ± 0,0065 dan persentase data out of statistical control pada bulan mei sebesar 31,923%  pada  bulan  juni  sebesar  30,004%  sedangkan  pada  bulan  juli  sebesar  21,64%. Untuk perhitungan persentase data in statistical control pada bulan mei sebesar  68,007% pada bulan juni sebesar 69,997% sedangkan pada bulan juli sebesar 78,360%. 

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Kifayah Amar, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Peta control, Kalibrasi, Estimasi Ketidakpastia
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 14 Mar 2014 15:07
Last Modified: 14 Dec 2016 09:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10881

Actions (login required)

View Item View Item