ANALISIS KESALAHAN SISWA SMK DIPONEGORO DEPOK DALAM MEMAHAMI KONSEP GEOMETRI DIMENSI DUA

MUH. ZUHAIR ZAHID , NIM. 06600031 (2012) ANALISIS KESALAHAN SISWA SMK DIPONEGORO DEPOK DALAM MEMAHAMI KONSEP GEOMETRI DIMENSI DUA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (41MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bermaksud mengetahui bentuk-bentuk kesalahan siswa- siswa SMK Diponegoro dalam menyelesaikan persoalan geometri dan penyebabnya. Kesalahan yang ingin diketahui berkaitan dengan konsep-konsep dalam geometri dimensi dua, meliputi kemampuan siswa dalam mengidentifikasi sudut, menentukan keliling bangun datar dan luas daerah bangun datar, dan menerapkan transformasi bangun datar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subyek penelitian dipilih berdasarkan kesalahankesalahan siswa dalam menyelesaikan tes diagnostik geometri yang diberikan kepadanya. Data kualitatif dikumpulkan dari dokumentasi dan hasil wawancara. Analisis data dilakukan secara deskriptif analitik. Hasil analisis menunjukkan bahwa bentuk kesalahan-kesalahan siswa meliputi: (1) kesalahan konsep (ketidakmampuan siswa mengenal berbagai makna dan interpretasi konsep, mengidentifikasi sifat-sifat suatu konsep, dan mengenal syarat-syarat yang menentukan suatu konsep); (2) kesalahan prinsip (siswa tidak menggunakan rumus atau prinsip yang bersesuaian pada situasi yang tepat dan siswa tidak mampu mengingat rumus atau prinsip yang bersesuaian); serta (3) kesalahan komputasi. Penyebab kesalahan siswa tersebut adalah: (1) siswa teledor dalam mengambil informasi dari soal dan cenderung tidak menyaring informasi yang ada dalam soal; (3) siswa kurang hati-hati dalam melakukan perhitungan; (2) siswa kurang hati-hati dalam melakukan perhitungan; (3) siswa terlanjur memiliki banyak pengalaman dengan rumus panjang kali lebar pada persegipanjang; (4) siswa tidak mengulang materi yang mereka peroleh; (5) pemahaman siswa terhadap konsep dan prinsip matematika baru sampai pada tingkatan pemahaman instrumental; (6) siswa tidak mengingat konsep dan prinsip matematika yang telah ia pelajari; (7) siswa tidak mampu mengaitkan konsep yang ia punyai untuk menyelesaikan soal; dan (8) kurangnya variasi soal dan contoh yang diberikan dalam pembelajaran kepada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muh. Abrori, S.Si., M.Kom.
Uncontrolled Keywords: Kesalahan Pemahaman, Geometri Dimensi Dua, SMK
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 14 Mar 2014 15:08
Last Modified: 25 Jan 2016 09:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10890

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum