FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERUBAHAN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DENGAN KATEGORI INDUSTRI BARANG KONSUMSI DI DAFTAR EFEK SYARIAH

JAROT HARTANTO, NIM. 06930125 (2013) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERUBAHAN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DENGAN KATEGORI INDUSTRI BARANG KONSUMSI DI DAFTAR EFEK SYARIAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERUBAHAN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DENGAN KATEGORI INDUSTRI BARANG KONSUMSI DI DAFTAR EFEK SYARIAH)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERUBAHAN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DENGAN KATEGORI INDUSTRI BARANG KONSUMSI DI DAFTAR EFEK SYARIAH)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (468kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan laba pada perusahaan manufaktur di Daftar Efek Syariah. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Total Assets Turn Over (TATO), dan Net Profit Margin (NPM). Populasi sekaligus dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Daftar Efek Syariah kategori barang konsumsi periode tahun 2009 sampai dengan tahun 2011. Teknik analisi data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan persamaan kuadrat terkecil dan uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji koefisien regresi parsial serta F-statistik untuk menguji keberartian pengaruh secara bersama-sama dengan signifikansi 5%. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Selama periode pengamatan menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Berdasarkan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari asumsi klasik. Hal ini menunjukkan data yang tersedia telah memenuhi syarat menggunakan model persamaan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Current Ratio (CR) dan Total assets turn over (TATO) tidak berpengaruh terhadap perubahan laba, sedangkan variabel Debt to Equity Ratio (DER) dan Net Profit Margin (NPM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap perubahan laba perusahaan manufaktur kategori barang konsumsi di Daftar Efek Syariah. Kemampuan prediksi dari keempat variabel independen terhadap perubahan laba sebesar 19.40% saja yang ditunjukkan dari besarnya Adjusted R Square, sisanya sebesar 80,60% dijelaskan oleh variabel lainnya diluar model penelitian. Kata Kunci: Earning Per share, Current Ratio, Dept to Equity Ratio, Total Asset Turn Over, Return On Equity, Net Profit Margin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: M. GHAFUR WIBOWO, S.E.,M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Earning Per share, Current Ratio, Dept to Equity Ratio, Total Asset Turn Over, Return On Equity, Net Profit Margin
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Mar 2014 08:52
Last Modified: 26 Sep 2016 13:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10910

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum