MEDIA POWERPOINT DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN SAINS DI KELAS IV MI MA’HAD ISLAMY KOTAGEDE YOGYAKARTA

ANA FITROTUN NISA, NIM. 08480068 (2012) MEDIA POWERPOINT DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN SAINS DI KELAS IV MI MA’HAD ISLAMY KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MEDIA POWERPOINT DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN SAINS DI KELAS IV MI MA’HAD ISLAMY KOTAGEDE YOGYAKARTA )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MEDIA POWERPOINT DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN SAINS DI KELAS IV MI MA’HAD ISLAMY KOTAGEDE YOGYAKARTA )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)

Abstract

ANA FITROTUN NISA, Media Powerpoint dalam Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Sains di Kelas IV MI Ma’had Islamy Kotagede Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa idealnya sekolah dapat menggunakan fasititas (komputer) yang ada di sekolah sebagai media dalam proses pembelajaran dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Sains. Salah satu penggunaan komputer dalam proses pembelajaran adalah penggunaan media powerpoint. Media powerpoint dapat menjadikan pembelajaran Sains lebih menarik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Media powerpoint juga dapat menjadikan materi yang dipelajari (Energi dan Perubahannya) seolah-olah kongkrit dan berada di depan siswa secara langsung. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana perubahan tindakan dalam penerapan media powerpoint yang dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dan bagaimana peningkatan hasil belajar siswa saat menggunakan media powerpoint dengan berbagai variasi. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi (mixed methode), yaitu mengkombinasikan antara kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data penelitian dengan menggunakan analisis data untuk menghitung ada peningkatan rata-rata hasil belajar kognitif yang dicapai siswa pada tiap siklus. Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas IV MI Ma’had Islamy Kotagede tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari 19 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1). Perubahan tindakan yang dilakukan dalam penerapan media adalah media powerpoint monoton atau mati, disertai dengan gambar dan animasi, disertai dengan video, dan media powerpoint yang disertai dengan gambar, animasi, video dan siswa dapat berinteraksi langsung dengan alat musik yang telah disediakan guru. 2). Peningkatan rata-rata hasil belajar kognitif yang dicapai siswa pada siklus pertama, kedua, ketiga, dan keempat secara berturut-turut adalah sebagai berikut: 5,6; 6, 6; 7, 1 dan 8, 9. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Media Powerpoint dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 16 Mar 2014 10:18
Last Modified: 17 Jan 2017 08:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10914

Actions (login required)

View Item View Item