ANALISIS KUALITAS PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA SERTA PENGARUHNYA TERHADAP TINGKAT PENGEMBALIAN DAN EFISIENSIM KINERJA OPERASIONAL

AHMAD SYAIFUL AFFA, NIM. 09390119 (2013) ANALISIS KUALITAS PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA SERTA PENGARUHNYA TERHADAP TINGKAT PENGEMBALIAN DAN EFISIENSIM KINERJA OPERASIONAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KUALITAS PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA SERTA PENGARUHNYA TERHADAP TINGKAT PENGEMBALIAN DAN EFISIENSIM KINERJA OPERASIONAL)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KUALITAS PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA SERTA PENGARUHNYA TERHADAP TINGKAT PENGEMBALIAN DAN EFISIENSIM KINERJA OPERASIONAL)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (670kB)

Abstract

GCG pertama kali dikenalkan di Indonesia oleh IMF (International Monetary Funds) dalam rangka pemulihan ekonomi pasca krisis. Krisis yang melanda asia timur pada waktu itu juga berdampak besar pada Indonesia, salah satu penyebabnya adalah tidak adanya Good Corporate Governance di dalam pengelolaan perusahaan, dalam kajian yang dilakukan oleh Booz-Allen & Hamilton pada tahun 1998, index Good Corporate Governance Indonesia adalah yang paling rendah, dibandingkan dengan negara-lain di kawasan Asia Timur. Kajian tersebut didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh McKinsey tahun 1999 yang meneliti tentang praktek Good Corporate Governance pada perusahaan-perusahaan di Indonesia. Penelitian dilakukan oleh penyusun bertujuan untuk melihat sejauh mana perkembangan penerapan GCG yang ada di Indonesia khususnya bagi perusahaan sektor keuangan, dalam hal ini penyusun mengambil sample Bank Umum Syariah yang beroperasi di Indonesia pada tahun 2010-2012. Penelitian juga ditujukan untuk meneliti sejauh mana pengaruh penerapan GCG tersebut bagi perkembangan perusahaan tersebut, khususnya pada Tingkat Pengembalian dan Efisiensi Kinerja Operasional. Alat analisis yang digunakan untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap variabel independen adalah analisis MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya pengaruh antara kualitas penerapan GCG Terhadap Tingkat Pengembalian yang diukur dengan ROA dan Efisiensi Kinerja Operasional yang diukur dengan BOPO, dilihat dari nilai F test pada pada hasil uji Test of Between Subject Effect dengan nilai F test yang tidak signifikan yaitu 0,494 dan 0,796. Pada penelitian ini ditemukan hubungan yag sangat lemah antara kualitas penerapan GCG terhadap tingkat pengembalian yang diukur dengan ROE dilihat dari hasil uji Test of Between Subject Effect yang menunjukkan nilai F test kurang signifikan yaitu 0,067. Kata kunci: Kualitas Penerapan GCG, Tingkat Pengembalian, Efisiensi Kinerja Operasional, MANOVA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Dr. MISNEN ARDIANSYAH, SE., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kualitas Penerapan GCG, Tingkat Pengembalian, Efisiensi Kinerja Operasional, MANOVA
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Mar 2014 08:08
Last Modified: 26 Sep 2016 10:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10915

Actions (login required)

View Item View Item