PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI MANUSIA

ANI HASTUTI, NIM. 09680004 (2014) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI MANUSIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI MANUSIA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI MANUSIA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan penerapan pembelajaran berbasis praktikum, mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa serta mengetahui tanggapan guru dan siswa terhadap penerapan pembelajaran berbasis praktikum pada materi pokok sistem reproduksi manusia. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Terdiri dari dua siklus tindakan, dengan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, kegiatan tindakan dan observasi serta refleksi. Setting penelitian dilaksanakan di SMAN 2 Banguntapan, Bantul, Yogyakarta, semester genap tahun ajaran 2012/2013 pada materi sistem reproduksi manusia. Subyek yang diteliti adalah siswa kelas XI IPA 2 yang berjumlah 24 siswa. Instrumen pengambilan data adalah angket motivasi belajar siswa, soal pretes dan postes, lembar tanggapan guru, wawancara dan catatan penelitian. Indikator keberhasilan adalah terjadi peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Analisis instrumen dengan uji validitas isi dan logis. Analisis data motivasi belajar secara deskriptif kualitatif, sedangkan data hasil belajar siswa menggunakan analisis effect size. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran berbasis praktikum dapat terlaksana dengan baik di kelas XI IPA 2 SMAN 2 Banguntapan. Motivasi belajar siswa meningkat sebesar 0,29 poin dan tergolong kategori motivasi tinggi. Hasil belajar siswa juga meningkat sebesar 6,67 poin dengan effect size sebesar 0,74 termasuk dalam kategori efek sedang. Tanggapan guru menunjukan bahwa penerapan pembelajaran berbasis praktikum membuat siswa aktif dalam belajar sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Namun membutuhkan alokasi waktu dan biaya yang lebih banyak. Tanggapan siswa menunjukan penerapan pembelajaran berbasis praktikum menjadikan pembelajaran tidak monoton dan membosankan serta dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sulistiyawati, S.Pd.I., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: hasil belajar, motivasi belajar, pembelajaran berbasis praktikum
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Mar 2014 10:35
Last Modified: 04 Mar 2016 14:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10931

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum