EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATlKA DENGAN METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW YANG MEMANFAATKAN MUSIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 WEDI

MARTIKA BUSYAIROH, NIM. 08600097 (2014) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATlKA DENGAN METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW YANG MEMANFAATKAN MUSIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 WEDI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATlKA DENGAN METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW YANG MEMANFAATKAN MUSIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 WEDI)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (48MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATlKA DENGAN METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW YANG MEMANFAATKAN MUSIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 WEDI)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian Ill! adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika dengan metode kooperatif tipe jigsaw yang memanfaatkan musik terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Wedi. Jigsaw yang dikolaborasikan dengan musik digunakan untuk mengetahui perkembangan kemampuan belajar matematika peserta didik dalam suatu periode tertentu. Hasil pekerjaan (nilai pretes dan postes) yang dihasilkan oleh siswa adalah hal yang akan menjadi ukuran dalam menentukan nilai siswa sebagai hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Eksperimental Design dengan mengujikan metode kooperatif tipe jigsaw yang memanfaatkan musik. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Wedi dengan sampel yaitu kelas XB dan Xc. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengguanakan teknik Non Probability Sampling. Data penelitian diperoleh dari hasil tes siswa. Hasil tes siswa kemudian dianalisis dengan uji-t untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika dengan metode kooperatif tipe jigsaw yang memanfaatkan musik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretes kelas yang menggunakan metode kooperatif tipe jigsaw yang memanfaatkan musik yaitu 4,1421 lebih besar dari rata-rata pretes kelas yang menggunakan metode konvensional yaitu 3,0684 dan nilai rata-rata postes kelas yang menggunakan metode kooperatif tipe jigsaw yang memanfaatkan musik yaitu 5,4947 lebih besar dari rata-rata pretes kelas yang menggunakan metode konvensional yaitu 5,0316. Hasil tersebut menunjukan bahwa pembelajaran dengan metode kooperatif tipe jigsaw yang memanfaatkan musik lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Wedi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Iwan Kuswidi, S.Pd.I,M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : efektivitas, jigsaw, musik, hasil belajar.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 17 Mar 2014 04:53
Last Modified: 27 Jan 2016 07:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10937

Actions (login required)

View Item View Item