SINTESIS SENYAWA p-t-BUTIL-HEKSAESTERKALIKS[6]ARENA DAN PENGGUNAANNYA SEBAGAI EKSTRAKTAN LOGAM BERAT Cr(III)

FADHLAN NUR HANIFA, NIM. 09630007 (2014) SINTESIS SENYAWA p-t-BUTIL-HEKSAESTERKALIKS[6]ARENA DAN PENGGUNAANNYA SEBAGAI EKSTRAKTAN LOGAM BERAT Cr(III). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (SINTESIS SENYAWA p-t-BUTIL-HEKSAESTERKALIKS[6]ARENA DAN PENGGUNAANNYA SEBAGAI EKSTRAKTAN LOGAM BERAT Cr(III))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (SINTESIS SENYAWA p-t-BUTIL-HEKSAESTERKALIKS[6]ARENA DAN PENGGUNAANNYA SEBAGAI EKSTRAKTAN LOGAM BERAT Cr(III))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sintesis Senyawa p-t-butil-heksa-esterkaliks[6]arena dan Penggunaannya Sebagai Ekstraktan Logam Berat Cr(III) Kaliksarena merupakan suatu senyawa oligomer siklis yang tersusun dari satuan-satuan aromatis dan dihubungkan oleh suatu jembatan metilen. Kaliksarena dapat dimodifikasi baik itu pada cincin bagian atas maupun pada cincin bagian bawah. Penelitian ini bertujuan untuk mensintesis turunan senyawa kaliksarena dengan memodifikasi gugus –OH pada bagian bawah kaliksarena dengan gugus ester dan digunakan sebagai esktraktan ion logam berat Cr(III). Senyawa yang disintesis pada penelitian ini adalah senyawa p-t-butil-heksaesterkaliks[6]arena. Sintesis senyawa tersebut dilakukan melalui reaksi esterifikasi menggunakan bahan dasar p-t-butilkaliks[6]arena, etil-2-kloroasetat, NaI, dan K 2 CO , serta menggunakan pelarut aseton kering. Identifikasi struktur produk hasil sintesis dilakukan dengan menggunakan spektrofotometer IR dan spektrofotometer 3 1 H-NMR. Aplikasi senyawa p-t-butil-heksa-esterkaliks[6]arena dilakukan dengan menggunakan sistem shaker pada variasi pH dan waktu kontak awal ion logam. Produk hasil sintesis berupa padatan kuning kecoklatan dengan rendemen sebesar 68,55% dan titik lebur 210-212 o C. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses ekstraksi ion logam berat Cr(III) oleh senyawa p-t-butil-heksaesterkaliks[6]arena mencapai pH optimum pada pH 4 dengan persentase ekstraksi sebesar 16,01%. Proses ekstraksi selanjutnya dilakukan pada variasi waktu kontak awal ion logam dan mencapai waktu optimum sebesar 23,95% pada waktu 90 menit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Susy Yunita Prabawati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : kaliksarena, p-t-butil-heksa-esterkaliks[6]arena, ekstraksi, ion logam berat Cr(III)
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Mar 2014 13:10
Last Modified: 17 Mar 2016 16:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10941

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum