PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM BIOLOGI ILUSTRATIF BERBASIS PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) YANG MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN MAKANAN UNTUK KELAS XI SEMESTER I DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

IKA YUNITA PURWANINGSIH, NIM. 09680001 (2014) PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM BIOLOGI ILUSTRATIF BERBASIS PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) YANG MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN MAKANAN UNTUK KELAS XI SEMESTER I DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM BIOLOGI ILUSTRATIF BERBASIS PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) YANG MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN MAKANAN UNTUK KELAS XI SEMESTER I DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM BIOLOGI ILUSTRATIF BERBASIS PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) YANG MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN MAKANAN UNTUK KELAS XI SEMESTER I DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan Petunjuk Praktikum Biologi Ilustratif Berbasis Pendekatan Pendekatan Inquiri (guided inquiry) yang mengembangkan Pendidikan Karakter pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan untuk Kelas XI Semester 1 di SMA 3 Muhammadiyah Yogyakarta dan mengetahui kualitas petunjuk praktikum yang telah dikembangkan berdasarkan uji coba terbatas. Pengembangan ini menggunakan prosedur pengembangan dari Sugiyono. Tiga tahap awal pada prosedur pengembangan menggunakan langkah awal pada model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, and Development (ADD) atau analisis, perencanaan, dan penyusunan. Petunjuk praktikum ini divalidasi oleh 1 orang ahli materi, 1 orang ahli media, dan 1 orang ahli bahasa, dan diuji coba terbatas pada keterbacaan oleh 2 orang guru Biologi dan 15 orang siswa. Penilaian petunjuk praktikum dilakukan oleh reviewer yaitu 2 orang guru Biologi SMA dan 15 siswa kelas XII. Instrumen yang digunakan berupa angket daftar cek (check list). Data yang diperoleh berupa data kualitatif yang diubah kuantitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis untuk menentukan kualitas petunjuk praktikum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa petunjuk praktikum Biologi yang dikembangkan menurut penilaian baik 2 orang guru Biologi SMA maupun 15 siswa di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta menilai Sangat Baik (SB), tetapi pada aspek grafika guru menilai Baik (B) sedangkan siswa menilai Sangat Baik (SB). Jadi, secara keseluruhan petunjuk praktikum cenderung Sangat Baik. Berdasarkan penilaian tersebut petunjuk praktikum Biologi ilustratif berbasis pendekatan inkuiri terbimbing (guided inquiry) yang mengembangkan pendidikan karakter pada materi pokok sistem pencernaan makanan untuk kelas XI semester I layak dan dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri siswa SMA/MAN Kelas XI Semester 1.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Suhardi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Penelitian Pengembangan, Petunjuk praktikum, Ilustratif, Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry), Pendidikan Karakter.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 17 Mar 2014 06:45
Last Modified: 17 Mar 2016 10:24
URI: https://digilib.uin-suka.ac.id:80/id/eprint/10946

Actions (login required)

View Item View Item