PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM IPA TERPADU MODEL SHARED DENGAN PENDEKATAN GUIDED INQUIRY KELAS VII SMP/MTs SEMESTER GASAL SKRIPSI

INDRA RAHMATUL ‘ULA, NIM. 08690006 (2014) PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM IPA TERPADU MODEL SHARED DENGAN PENDEKATAN GUIDED INQUIRY KELAS VII SMP/MTs SEMESTER GASAL SKRIPSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM IPA TERPADU MODEL SHARED DENGAN PENDEKATAN GUIDED INQUIRY KELAS VII SMP/MTs SEMESTER GASAL SKRIPSI )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM IPA TERPADU MODEL SHARED DENGAN PENDEKATAN GUIDED INQUIRY KELAS VII SMP/MTs SEMESTER GASAL SKRIPSI )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui kualitas panduan praktikum IPA Terpadu model shared dengan pendekatan Guided Inquiry kelas VII SMP/MTs semester Gasal, (2) mengetahui respon siswa terhadap panduan praktikum IPA Terpadu yang dikembangkan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) model prosedural, yakni model yang bersifat deskriptif. Menunjukkan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menghasilkan produk. Prosedur pengembangan 5 langkah utama yaitu: 1) analisis kebutuhan dan produk yang dikembangkan; 2) mengembangkan produk awal; 3) validasi produk oleh ahli dan revisi; 4) uji coba terbatas dan revisi produk; 5) uji coba luas dan produk akhir. Pengumpulan data kualitas produk dan respon siswa menggunakan angket yang sudah divalidasi oleh ahli instrumen. Panduan praktikum dinilai oleh 3 ahli materi, 3 ahli media, dan 3 guru IPA SMP/MTs. Subjek respon siswa pada uji coba terbatas 8 siswa dan uji coba luas 20 siswa kelas VII di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Data kualitas produk dan respon siswa dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini :(1) Kualitas Panduan Praktikum IPA yang dikembangkan menurut ahli media dan guru IPA memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan presentase ideal masing-masing 88,98% dan 84,80%, dan menurut ahli materi memilki kualitas Baik (B) dengan presentase 78,80%; (2) respon siswa pada uji coba terbatas dan uji coba luas mendapatkan respon Setuju (S) dengan presentase masing-masing 87,28% dan 94,71%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Widodo Setiyo Wibowo
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Panduan Praktikum, IPA Terpadu, Model Shared, Pendekatan Guided Inquiry.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Mar 2014 14:01
Last Modified: 15 Feb 2016 09:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10948

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum