ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI REALISASI PEMBIAYAAN MUDHARABAH PADA SEKTOR PERTANIAN (STUDI KASUS PADA BMT NU SEJAHTERA CABANG PARAKAN)

MITA IKA PRATIWI, NIM. 09390107 (2013) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI REALISASI PEMBIAYAAN MUDHARABAH PADA SEKTOR PERTANIAN (STUDI KASUS PADA BMT NU SEJAHTERA CABANG PARAKAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI REALISASI PEMBIAYAAN MUDHARABAH PADA SEKTOR PERTANIAN (STUDI KASUS PADA BMT NU SEJAHTERA CABANG PARAKAN))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (820kB) | Preview
[img] Text (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI REALISASI PEMBIAYAAN MUDHARABAH PADA SEKTOR PERTANIAN (STUDI KASUS PADA BMT NU SEJAHTERA CABANG PARAKAN))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (374kB)

Abstract

Sejatinya perekonomian nasional akan tumbuh seiring dengan semakin kondusifnya iklim usaha pada sektor pertanian. Namun permasalahan klasik yang masih menjadi kendala sampai saat ini adalah terbatasnya permodalan untuk melaksanakan kegiatan usaha pada sektor tersebut. Sektor pertanian sendiri sangat relevan untuk mendapatkan modal dari lembaga pembiayaan perbankan syariah, salah satunya melalui pembiayaan mudharabah. BMT sebagai salah satu lembaga keuangan syariah memiliki tanggung jawab dalam menciptakan kesejahteraan bagi para pelaku sektor usaha pertanian melalui pembiayaan mudharabah tersebut. Terwujudnya jumlah realisasi pembiayaan mudharabah yang dilakukan BMT tentunya berdasarkan pada berbagai faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi realisasi pembiayaan mudharabah pada sektor pertanian di BMT NU Sejahtera Cabang Parakan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kuantitatif, yaitu penelitian yang menentukan dan menafsirkan data yang berkenaan dengan situasi yang terjadi dan dialami sekarang, sikap dan pandangan yang menggenjala saat sekarang, hubungan antar variabel, dan lain-lain. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 33 nasabah pembiayaan mudharabah di BMT NUS dari sektor pertanian. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan uji chi-square. Penelitian ini menguji kesesuaian jawaban BMT dan nasabah mengenai faktor-fakor yang mempengaruhi realisasi pembiayaan mudharabah pada sektor pertanian. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari interview serta pengisian kuesioner oleh nasabah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa agunan merupakan faktor yang mempengaruhi BMT NUS dalam merealisasikan pembiayaan mudharabah pada sektor pertanian. Sedangkan tingkat pendidikan, profit usaha, frekuensi pembiayaan, pemahaman tentang akad, nisbah bagi hasil, sharia compliance, dan agunan terbukti tidak mempengaruhi BMT NUS dalam merealisasikan pembiayaan mudharabah pada sektor pertanian. Kata kunci: Pembiayaan Mudharabah, Pertanian, BMT

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: DR. H. SYAFIQ M. HANAFI, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Mudharabah, Pertanian, BMT
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Mar 2014 14:26
Last Modified: 26 Sep 2016 13:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10950

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum