PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS MOBILE CAMTASIA STUDIO SEBAGAI ALTERNATIF BELAJAR SISWA DIFABEL NETRA DI SMA/MA KELAS X

NI’MATUL JAMILAH, NIM. 08680044 (2014) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS MOBILE CAMTASIA STUDIO SEBAGAI ALTERNATIF BELAJAR SISWA DIFABEL NETRA DI SMA/MA KELAS X. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS MOBILE CAMTASIA STUDIO SEBAGAI ALTERNATIF BELAJAR SISWA DIFABEL NETRA DI SMA/MA KELAS X )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (20MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS MOBILE CAMTASIA STUDIO SEBAGAI ALTERNATIF BELAJAR SISWA DIFABEL NETRA DI SMA/MA KELAS X )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran biologi berbasis mobile camtasia studio dan mengetahui kualitas media pembelajaran biologi berbasis mobile camtasia studio yang layak digunakan sebagai media belajar alternatif siswa difabel netra di SMA/MA kelas X. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Pada penelitian ini tahapan yang digunakan yaitu ADD. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket penilaian kualitas untuk reviewer dan lembar angket respon siswa difabel netra yang mencakup 3 aspek yaitu: kelayakan isi/ materi, kebahasaan dan penyajian. Penilaian dilakukan oleh reviewer yang terdiri dari 1 dosen ahli materi, 1 dosen ahli media, 5 peer reviewer dan 2 guru biologi SMA/MA serta direspon 7 siswa difabel netra dalam bentuk uji coba terbatas. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dikembangkan media pembelajaran biologi berbasis mobile camtasia studio dengan model pengembangan ADDIE. Kualitas media pembelajaran biologi berbasis mobile camtasia studio berdasarkan penilaian reviewer (ahli materi, ahli media, peer reviewer dan guru biologi) bahwa media yang dikembangkan memiliki kategori Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 86,28% serta respon siswa difabel netra terhadap media pembelajaran biologi berbasis mobile camtasia studio termasuk dalam kategori Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 87,1%. Berdasarkan hasil tersebut, maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran biologi berbasis mobile camtasia studio yang telah dikembangkan dengan menggunakan model (ADDIE) dinyatakan layak sebagai alternatif media pembelajaran biologi untuk siswa difabel netra di SMA/MA kelas X.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dian Noviar, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: media pembelajaran biologi, mobile camtasia studio, difabel netra.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 17 Mar 2014 07:35
Last Modified: 07 Mar 2016 02:12
URI: https://digilib.uin-suka.ac.id:80/id/eprint/10954

Actions (login required)

View Item View Item