UJICOBA GAME EDUKASI KARYA ALFAN BAHTIAR SEBAGAI MEDIA BELAJAR MANDIRI MATERI POKOK SISTEM PERIODIK UNSUR UNTUK SMA/MA KELAS XI

FETTY NURITA FEBRICHASARI, NIM. 09670014 (2014) UJICOBA GAME EDUKASI KARYA ALFAN BAHTIAR SEBAGAI MEDIA BELAJAR MANDIRI MATERI POKOK SISTEM PERIODIK UNSUR UNTUK SMA/MA KELAS XI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( UJICOBA GAME EDUKASI KARYA ALFAN BAHTIAR SEBAGAI MEDIA BELAJAR MANDIRI MATERI POKOK SISTEM PERIODIK UNSUR UNTUK SMA/MA KELAS XI )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text ( UJICOBA GAME EDUKASI KARYA ALFAN BAHTIAR SEBAGAI MEDIA BELAJAR MANDIRI MATERI POKOK SISTEM PERIODIK UNSUR UNTUK SMA/MA KELAS XI )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian, komentar dan saran peserta didik terhadap produk pengembangan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik setelah menggunakan produk dalam proses pembelajaran, serta melihat keterlaksanaan RPP. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan lanjutan, yaitu penelitian pengembangan pada tahap evaluasi atau ujicoba produk. Model pengembangan produk yang digunakan adalah Dick & Carey. Produk yang diujicobakan dalam penelitian ini adalah game edukasi Periodic Table Puzzle karya Alfan Bahtiar, S.Pd.Si. Ujicoba ini dilaksanakan di SMA Negeri 10 Yogyakarta dengan responden kelas XI. Ujicoba ini terdiri dari 3 tahap ujicoba, yaitu ujicoba satu-satu, ujicoba kelompok kecil, dan ujicoba lapangan. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar angket respon peserta didik terhadap produk, lembar angket motivasi belajar, lembar keterlaksanaan RPP, lembar observasi, pedoman wawancara, dan soal uji kompetensi. Analisis data penelitian untuk angket respon peserta didik, angket motivasi belajar, keterlaksanaan RPP, dan soal uji kompetensi menggunakan analisis kuantitatif. Sementara itu, untuk lembar observasi dan pedoman wawancara menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa respon positif peserta didik terhadap kualitas game edukasi pada ujicoba satu-satu sebesar 76,65%, ujicoba kelompok kecil sebesar 86,7%, dan ujicoba lapangan sebesar 90%. Data hasil keterlaksanaan RPP memperoleh nilai skor rata-rata sebesar 88,69 dari skor maksimum 95 dengan kategori “Sangat Baik”. 100% peserta didik telah memperoleh nilai melebihi nilai KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah sebesar 75 dengan skor rata-rata sebesar 90. Selanjutnya motivasi belajar peserta didik setelah menggunakan produk tersebut diperoleh nilai skor rata-rata sebesar 77,45 dari skor maksimum 100 dengan kategori “Termotivasi”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: PEMBIMBING : Nina Hamidah, M.A., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: ujicoba, game edukasi, motivasi belajar, hasil belajar, SPU, belajar mandiri
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 17 Mar 2014 17:36
Last Modified: 23 Feb 2016 09:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10962

Actions (login required)

View Item View Item