PROSES PEYELIDIKAN DAN PENYIDIKAN TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA (STUDI KASUS DI DIREKTORAT RESERSE NARKOBA POLDA DIY)

ADE SAPUTRA, NIM. 09340004 (2013) PROSES PEYELIDIKAN DAN PENYIDIKAN TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA (STUDI KASUS DI DIREKTORAT RESERSE NARKOBA POLDA DIY). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PROSES PEYELIDIKAN DAN PENYIDIKAN TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA (STUDI KASUS DI DIREKTORAT RESERSE NARKOBA POLDA DIY))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PROSES PEYELIDIKAN DAN PENYIDIKAN TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA (STUDI KASUS DI DIREKTORAT RESERSE NARKOBA POLDA DIY))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (526kB)

Abstract

Ancaman bahaya narkotika dan psikotropika di Indonesia saat ini semakin memperihatinkan. Karena para pemakai narkotika dan psikotropika bukan saja orang yang sering melancong ke luar negeri ataupun yang sering keluar masuk tempat hiburan malam, akan tetapi juga para pejabat, selebritis, olahragawan, pelajar dan mahasiswa terlebih lagi pada akhir-akhir ini para ibu-ibu rumah tangga dan anak-anak yang tergolong masih remaja. Kasus mengenai penyalahguna narkoba ini terbilang unik, mengapa bisa dikatakan unik, hal ini terlihat dari sistematika transaksi kejahatan ini menggunakan sistem sel terputus, dimana para pengguna tidak mengetahui secara jelas dan pasti siapa dan darimana pelaku bandar narkoba tersebut. Bahkan kejahatan ini sering dilakukan dengan menggunakan transaksi elektronik, pembayaran lewat ATM atau perantara lainnya. Sehingga menyebabkan antara pengguna dan pemasok tidak saling mengenal. Hal ini lah yang menjadi hambatan bagi kepolisian baik dalam penyelidikan ataupun penyidikan. Lalu bagai mana proses yang dilakukan kepolisian untuk melakukan kegiatan tersebut serta apa yang menjadi kendala oleh pihak kepolisian sendiri. Untuk menjawab permasalahan tersebut di atas, maka penyusun menggunakan penelitian field research dengan pendekatan yuridis artinya bahwa penelitian ini menelusuri proses Penyelidikan dan Penyidikan penyalahgunaan Narkotika serta kesesuaian dengan peraturan yang berlaku di Indonesia baik undang-undang ataupun peraturan yang lainnya. Adapun sifat penelitian ini yaitu Prespektif dan Deduktif. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa Teknik penyelidikan mulai dari observasi (peninjauan), surveillance (pembuntutan), undercover agen (penyusupan agen), undercover buy (pembelian terselubung), controlled planning (penyerahan yang dikendalikan), dan raid planning execution (rencana Pelaksanaan penggerebekan)”. Sehingga penelitian yang peneliti temukan ialah proses yang dilakukan oleh pihak kepolisisan dalam hal ini penyidik Ditrserse Narkoba Polda DIY ini telah sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku, baik berupa undang-undang, maupun peraturan kepolisian itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. MAKHRUS, M.Hum.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Mar 2014 07:58
Last Modified: 04 Aug 2016 15:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10963

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum