PENGARUH METODE SQ4R (Survey, Question, Read, Recite, Record, Review) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN CURIOSITY (RASA INGIN TAHU) PESERTA DIDIK KELAS XI IPA TAHUN AJARAN 2012/2013 DI SMA UII YOGYAKARTA

KLITA JULIANTI, NIM. 09670017 (2014) PENGARUH METODE SQ4R (Survey, Question, Read, Recite, Record, Review) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN CURIOSITY (RASA INGIN TAHU) PESERTA DIDIK KELAS XI IPA TAHUN AJARAN 2012/2013 DI SMA UII YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENGARUH METODE SQ4R (Survey, Question, Read, Recite, Record, Review) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN CURIOSITY (RASA INGIN TAHU) PESERTA DIDIK KELAS XI IPA TAHUN AJARAN 2012/2013 DI SMA UII YOGYAKARTA )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text ( PENGARUH METODE SQ4R (Survey, Question, Read, Recite, Record, Review) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN CURIOSITY (RASA INGIN TAHU) PESERTA DIDIK KELAS XI IPA TAHUN AJARAN 2012/2013 DI SMA UII YOGYAKARTA )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode SQ4R (Survey, Question, Read, Recite, Record, Review) dalam pembelajaran kimia khususnya pada materi pokok koloid terhadap hasil belajar kognitif dan curiosity (rasa ingin tahu) peserta didik kelas XI IPA tahun pelajaran 2012/2013 di SMA UII Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA di SMA UII Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan metode SQ4R, sedangkan pada kelas kontrol diberi perlakuan dengan metode yang biasa diterapkan guru kimia SMA di SMA UII pada materi tersebut yaitu ceramah. Uji hipotesis dilakukan melalui uji Mann Withney. Hasil uji hipotesis skala sikap diperoleh nilai Exact Sig. [2*(1-tailed)] = 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa metode SQ4R berpengaruh terhadap curiosity peserta didik. Uji hipotesis hasil belajar kognitif diperoleh Exact Sig. [2*(1-tailed)] = 0,1 > 0,05 yang menunjukkan bahwa metode SQ4R tidak berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Asih Widi Wisudawati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Metode SQ4R, Hasil Belajar Kognitif, Curiosity (Rasa Ingin Tahu)
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Mar 2014 08:13
Last Modified: 23 Feb 2016 09:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10967

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum