KESIAPAN GURU MATEMATIKA DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SMA NEGERI 1 GODEAN

ANDIKA ANGGRAHITA, NIM. 08600077 (2014) KESIAPAN GURU MATEMATIKA DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SMA NEGERI 1 GODEAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KESIAPAN GURU MATEMATIKA DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SMA NEGERI 1 GODEAN )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KESIAPAN GURU MATEMATIKA DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SMA NEGERI 1 GODEAN )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (882kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan implementasi KTSP pada pembelajaran matematika yang memuat tiga kegiatan pokok yaitu merencanakan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran, serta menilai proses dan hasil pembelajaran. (2) menganalisis dan menilai kesesuaian kegiatan implementasi kurikulum dengan standar proses. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi kualitatif dengan studi kasus. Subjek penelitian adalah seorang guru matematika di SMA Negeri 1 Godean yang dipilih berdasarkan purpossive sampling. Cara pengumpulan data adalah dengan menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Analisis yang digunakan pertama kali adalah mengumpulkan data. Dengan banyaknya data yang terkumpul, direduksi atau dirangkum kemudian dipilih dengan memfokuskan pada hal-hal yang penting. Setelah pemilihan dilanjutkan dengan penyajian data berupa uraian singkat bersifat naratif. Langkah berikutnya adalah penarikan kesimpulan sesuai dengan rumusan masalah. Untuk data angket dengan dua pilihan jawaban ya dan tidak, dikonversi menjadi nilai rata-rata dalam persentase. Hasil penelitian ini yaitu (1) Implementasi KTSP masuk dalam kriteria baik. Hal ini terlihat pada tahap perencanaan menunjukkan bahwa silabus dan RPP secara sistem telah sesuai dengan Standar Proses, namun secara isi masih perlu perbaikan. Prinsip-prinsip Penyusunan RPP telah cukup terpenuhi yaitu memenuhi empat dari enam prinsip penyusunan RPP. Penilaian pada aspek pelaksanaan dalam kategori baik yaitu sebesar 68,05%. Pada tahap penilaian, guru melakukan test tertulis untuk mengukur hasil belajar siswa, sedangkan pada penilaian proses menggunakan tes lisan, melakukan pengamatan kinerja dan penugasan (2) Penilaian kesesuaian implementasi dengan Standar Proses dalam kategori baik sekali dengan persentase sebesar 93,67 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Suparni, M.Pd. dan Dr. Ibrahim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kesiapan guru dalam implementasi KTSP, Standar Proses.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 18 Mar 2014 01:51
Last Modified: 27 Jan 2016 01:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10979

Actions (login required)

View Item View Item