PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PRAKTIKUM FISIKA BERBASIS PENDEKATAN INVITATION INTO INQUIRY UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X

ARIF SETYO NUGROHO, NIM. 09690041 (2014) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PRAKTIKUM FISIKA BERBASIS PENDEKATAN INVITATION INTO INQUIRY UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PRAKTIKUM FISIKA BERBASIS PENDEKATAN INVITATION INTO INQUIRY UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PRAKTIKUM FISIKA BERBASIS PENDEKATAN INVITATION INTO INQUIRY UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengembangan buku panduan praktikum fisika berbasis pendekatan invitation into inquiry untuk siswa SMA/MA kelas X. Penelitian ini bertujuan untuk: menyusun buku panduan praktikum fisika berbasis pendekatan invitation into inquiry untuk siswa SMA/MA kelas X, mengetahui kualitas buku panduan praktikum fisika berbasis pendekatan invitation into inquiry untuk siswa SMA/MA kelas X berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan guru, mengetahui respon siswa terhadap buku panduan praktikum fisika berbasis pendekatan invitation into inquiry untuk siswa SMA/MA kelas X. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model prosedural. Prosedur penelitian mengikuti prosedur Borg and Gall yang dapat dilakukan dengan 5 langkah utama. Subjek coba penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, guru fisika SMA/MA, dan siswa MAN Lab UIN. Data kualitatif penelitian berupa masukan (kritik/saran) dari penilai dan respon dari siswa. Data kuantitatif penelitian berupa skor penilaian dan skor respon. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen non tes berupa numerical rating scale untuk penilaian dan skala likert untuk respon siswa. Data dianalisis dengan menggunakan rerata skor, hasil yang diperoleh dikonsultasikan dengan tabel klasifikasi penilaian dan respon untuk diketahui kriteria kualitatifnya. Hasil penelitian ini yaitu: produk berupa buku panduan praktikum fisika berbasis pendekatan invitation into inquiry untuk siswa SMA/MA kelas X disusun dengan pokok materi optik, kualitas produk berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan guru adalah sangat baik (SB) dengan persentase keidealan berturutturut 86,27%, 90,83%, dan 86,11%, respon siswa terhadap produk pada uji coba skala kecil dan skala besar adalah sangat setuju (SS) dengan persentase keidealan masing-masing 88,23% dan 85,18%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Ika Kartika, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Buku panduan praktikum fisika, Pendekatan invitation into inquiry, Siswa SMA/MA kelas X
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Mar 2014 08:59
Last Modified: 05 Feb 2016 14:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10981

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum