STUDI PEMANFAATAN KULIT BUAH RAMBUTAN (Naphelium lappaceum, Linn) SEBAGAI PEWARNA ALAMI TEKSTIL

DANANG PRASETIO, NIM. 08630004 (2014) STUDI PEMANFAATAN KULIT BUAH RAMBUTAN (Naphelium lappaceum, Linn) SEBAGAI PEWARNA ALAMI TEKSTIL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( STUDI PEMANFAATAN KULIT BUAH RAMBUTAN (Naphelium lappaceum, Linn) SEBAGAI PEWARNA ALAMI TEKSTIL )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( STUDI PEMANFAATAN KULIT BUAH RAMBUTAN (Naphelium lappaceum, Linn) SEBAGAI PEWARNA ALAMI TEKSTIL )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (744kB)

Abstract

Pengembangan pewarnaan tekstil yang aman untuk lingkungan merupakan salah satu alasan dilakukannya eksplorasi terhadap kulit buah rambutan (Naphelium lappaceum, Linn). Kulit rambutan yang mengandung antosianin dapat digunakan sebagai pewarna alami tekstil yang ramah lingkungan. Tetapi, sampai saat ini belum ditemukan bukti ilmiah yang mendukung pemanfaatan kulit buah rambutan sebagai sumber pewarna alami tekstil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi kulit buah rambutan sebagai pewarna alami tekstil serta mengetahui stabilitas dan karakterisasi antosianin yang terdapat dalam kulit rambutan. Metode ekstraksi yang digunakan dalam penelitian ini adalah maserasi dengan pelarut etanol 95%, etanol 70%, dan air. Karakterisasi FTIR dan UV-Vis menunjukkan ekstrak kulit buah rambutan mengandung antosianin. Sedangkan uji tahan luntur dan tahan gores dilakukan terhadap kain hasil pewarnaan ekstrak kulit buah rambutan dengan standar SNI. 08-0285-98 dan SNI.0288-2008. Hasil uji tahan luntur dan tahan gosok menunjukkan bahwa ekstrak kulit buah rambutan relatif kurang potensial sebagai alternatif pewarna alami tekstil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Pedy Artsanti M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Karakterisasi FTIR dan UV-Vis, Pewarna alami, Rambutan, Uji tahan luntur dan tahan gosok kain.
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Mar 2014 09:07
Last Modified: 17 Feb 2016 14:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10983

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum