ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS DI PERUSAHAAN BAKPIA PATHUK DALAM UPAYA MENGENDALIKAN TINGKAT KERUSAKAN PRODUK DENGAN MENGGUNAKAN METODE ̅ DAN R (Studi kasus: PENGENDALIAN MUTU BAKPIA DI PERUSAHAAN OMAHE BAKPIA)

FARHAN LATIFNA, NIM.07610004 (2014) ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS DI PERUSAHAAN BAKPIA PATHUK DALAM UPAYA MENGENDALIKAN TINGKAT KERUSAKAN PRODUK DENGAN MENGGUNAKAN METODE ̅ DAN R (Studi kasus: PENGENDALIAN MUTU BAKPIA DI PERUSAHAAN OMAHE BAKPIA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS DI PERUSAHAAN BAKPIA PATHUK DALAM UPAYA MENGENDALIKAN TINGKAT KERUSAKAN PRODUK DENGAN MENGGUNAKAN METODE ̅ DAN R (Studi kasus: PENGENDALIAN MUTU BAKPIA DI PERUSAHAAN OMAHE BAKPIA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS DI PERUSAHAAN BAKPIA PATHUK DALAM UPAYA MENGENDALIKAN TINGKAT KERUSAKAN PRODUK DENGAN MENGGUNAKAN METODE ̅ DAN R (Studi kasus: PENGENDALIAN MUTU BAKPIA DI PERUSAHAAN OMAHE BAKPIA))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perusahan Bakpia Pathuk adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang makanan khas yogyakarta dengan produk utamanya yaitu Bakpia pathuk kacang hijau dan masih banyak lagi variasi rasa yang lain yang merupakan oleh-oleh khas yogyakarta baik masyarakat yogyakarta dan wisatawan domestik maupun mancanegara. Demi menjaga kepuasan konsumen maka untuk mendapat produk yang bermutu berstandar, perusahaan memberlakukan manajemen mutu yang terbaik serta sesuai dengan pedoman standar mutu yang berlaku di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dalam kegiatan produksinya, perusahaan selalu berusaha mendapatkan produk yang terbaik dan menekan kerusakan produk yang tinggi dengan menetapkan standar toleransi kerusakan sekecil- kecilnya dari jumlah produksi yang ada. Akan tetapi, kenyataan di lapangan masih menunjukkan tingkat kerusakan fluktuatif dan bahkan masih terdapat tingkat kerusakan yang melebihi standar toleransi yang ditetapkan pemerintah daerah. Penelitian dipabrik bakpia pahtuk mempunyai tujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pengendalian mutu menggunakan alat bantu statistik yang bermanfaat dalam upaya pengendalian tingkat kerusakan produk di perusahaan. Analisis pengendalian mutu dilakukan menggunakan alat bantu statistik berupa check sheet, histogram, peta kendali ̅ dan R , diagram pareto dan diagram sebabakibat. Check sheet dan histogram berguna untuk menyajikan data supaya memudahkan dalam memahami data untuk keperluan analisis selanjutnya. Peta kendali berguna untuk memonitor produk yang rusak apakah masih dalam kendali statistik atau tidak. Selanjutnya mengidentifikasi jenis- jenis cacat yang dominan dan memprioritaskan perbaikan menggunakan diagram pareto. Langkah selanjutnya mencari faktor- faktor yang menjadi penyebab terjadiny kerusakan suatu produk menggunakan diagram sebab akibat selanjutnya disusun sebuah usulan perbaikan mutu. Hasil analisis peta kendali ̅ dan R menunjukkan bahwa proses berada dalam keadaan terkendali. Hal ini dapat dilihat pada hasil grafik ̅ selama 10 hari diperoleh BPA = 607,472, nilai rata-rata = 604,700, dan BPB = 601,928, hasil grafik R diperoleh BPA = 15,993, range = 9, dan BPB = 2,007. Hasil grafik ̅ selama 12 bulan diperoleh BPA = 18.214,224, nilai rata-rata = 18.119,9, dan BPB = 18.025,576, hasil grafik R diperoleh BPA = 608,848, range = 354,600, dan BPB = 100,352. Berdasarkan diagram pareto, prioritas perbaikan yang perlu dilakukan adalah untuk jenis kerusakan yang dominan yaitu 20 %. Dari analisis diagram sebab akibat dapat diketahui faktor penyebab misdruk berasal dari faktor manusia/ pekerja, mesin produksi, metode kerja, material/ bahan baku dan lingkungan kerja, sehingga perusahaan dapat mengambil tindakan pencegahan serta perbaikan untuk menekan tingkat misdruk dan meningkatkan kualitas produk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Moh. Farhan Qudratullah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pengendalian Kulitas, Alat Bantu Statistik, Misdruk
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Mar 2014 09:17
Last Modified: 14 Jan 2016 14:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10985

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum