PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK SMP/MTS KELAS VII

KHURYATI, NIM. 09690029 (2014) PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK SMP/MTS KELAS VII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK SMP/MTS KELAS VII)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK SMP/MTS KELAS VII)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mengembangkan modul IPA Terpadu berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk SMP/MTs kelas VII. (2) mengetahui kualitas modul IPA Terpadu yang dikembangkan. (3) mengetahui respon peserta didik terhadap modul IPA Terpadu yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model prosedural yang mengadaptasi prosedur penelitian pengembangan menurut Borg dan Gall yang dapat dilakukan dengan lebih sederhana menurut Tim Puslitjaknov dengan melibatkan 5 langkah utama yaitu (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, (2) mengembangkan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk, serta (5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian kualitas modul dengan menggunakan skala Likert yang dibuat dalam bentuk checklist dan angket respon peserta didik dengan menggunakan skala Guttman yang dibuat dalam bentuk checklist. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini: (1) modul IPA Terpadu berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk SMP/MTs kelas VII. (2) kualitas modul IPA Terpadu yang telah dikembangkan menurut ahli materi, ahli media, dan guru IPA adalah sangat baik (SB) dengan persentase keidealan masing-masing sebesar 82,4%, 83,3% dan 90,1%. (3) respon peserta didik pada uji coba lapangan skala kecil dan skala besar adalah setuju (S) dengan persentase keidealan masing-masing sebesar 82,9% dan 83,8%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul IPA Terpadu berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai salah satu media penunjang pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Ika Kartika, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Modul, IPA Terpadu, Contextual Teaching and Learning (CTL).
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Mar 2014 10:12
Last Modified: 15 Feb 2016 09:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10993

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum