PERBAIKAN POSTUR KERJA PADA AKTIVITAS MANUAL MATERIAL HANDLING UNTUK MENGURANGI RESIKO LOW-BACK PAIN DENGAN PENDEKATAN BIOMEKANIKA STUDI KASUS DI PT. SALAVI DWY SEJAHTERA MAGELANG

MITA RAHMAWATI, NIM. 07660030 (2014) PERBAIKAN POSTUR KERJA PADA AKTIVITAS MANUAL MATERIAL HANDLING UNTUK MENGURANGI RESIKO LOW-BACK PAIN DENGAN PENDEKATAN BIOMEKANIKA STUDI KASUS DI PT. SALAVI DWY SEJAHTERA MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERBAIKAN POSTUR KERJA PADA AKTIVITAS MANUAL MATERIAL HANDLING UNTUK MENGURANGI RESIKO LOW-BACK PAIN DENGAN PENDEKATAN BIOMEKANIKA STUDI KASUS DI PT. SALAVI DWY SEJAHTERA MAGELANG)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERBAIKAN POSTUR KERJA PADA AKTIVITAS MANUAL MATERIAL HANDLING UNTUK MENGURANGI RESIKO LOW-BACK PAIN DENGAN PENDEKATAN BIOMEKANIKA STUDI KASUS DI PT. SALAVI DWY SEJAHTERA MAGELANG)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PT. Salavy Dwi Sejahtera adalah perusahaan yang bergerak dalam industri Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang menghasilkan produk berupa Karton (Cup) dan Galon. Dalam pelaksanaan proses produksi, tenaga manusia masih banyak digunakan oleh perusahaan (Manual Material Handling). Pekerjaan pemindahan secara manual pada industri berisiko besar penyebab penyakit tulang belakang (low-back pain). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi yang mengacu pada postur kerja sesuai dengan prinsip biomekanika untuk melindungi pekerja agar dapat meminimalkan cedera otot pada tulang belakang (low-back pain). Dari hasil pengolahan dan analisa data diperoleh nilai Lifting Index Recommended Weight Limit pekerja stasiun gudang sebesar 5,805. Hasil dari analisis Maximum Permissible Limit didapatkan nilai Fc pertama sebesar 6297,620953 N; Fc kedua sebesar 5774,174286 N; Fc ketiga sebesar 5267,570372 N; dan Fc keempat sebesar 4539,026606 N. Dilakukan perbaikan postur kerja dengan merancang alat bantu kerja berupa alat pengangkat galon hidrolik agar dapat mengurangi resiko cidera kerja tersebut. Hasil akhir dari analisis Recommended Weight Limit didapatkan nilai akhir Li sebesar 0. Selain itu juga dapat meringkas aktivitas kerja pengangkatan galon yang awalnya ada 4 tahapan proses kerja menjadi 1 proses kerja yaitu mengoperasikan mesin. Hasil akhir dari analisis Maximum Permissible Limit didapatkan nilai gaya tekan pada L5/ S1 sebesar 2107,159836 N.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembimbing : Arya Wirabhuana, ST., M.Sc,
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 18 Mar 2014 11:02
Last Modified: 23 Mar 2016 10:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10997

Actions (login required)

View Item View Item