ANALISIS KETERSEDIAAN SUMBER DAYA BATUBARA TERHADAP KEBUTUHAN ENERGI LISTRlK Dl KALIMANTAN SELATAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SISTEM DINAMIS

PANJI AKBAR SUHATTA, NIM. 08660064 (2014) ANALISIS KETERSEDIAAN SUMBER DAYA BATUBARA TERHADAP KEBUTUHAN ENERGI LISTRlK Dl KALIMANTAN SELATAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SISTEM DINAMIS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KETERSEDIAAN SUMBER DAYA BATUBARA TERHADAP KEBUTUHAN ENERGI LISTRlK Dl KALIMANTAN SELATAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SISTEM DINAMIS)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KETERSEDIAAN SUMBER DAYA BATUBARA TERHADAP KEBUTUHAN ENERGI LISTRlK Dl KALIMANTAN SELATAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SISTEM DINAMIS)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Kalimantan Selatan merupakan salah satu provinsi yang menghasilkan batubara. Dengan cadangan dan sumberdaya yang cukup banyak pemerintah Kalimantan Selatan dapat menggunakannya sebagai pemasukan cadangan sumberdaya energi. Salah satu contoh energi yang dapat di hasilkan adalah energi listrik, dengan menggunakan sarana Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Padahal batubara adalah salah satu sumberdaya alam yang tidak dapat diperbaharui. Dengan perkembangan tiap-tiap wilayah di provinsi Kalimantan Selatan secara tidak langsung konsumsi energi listrik juga mengalami peningkatan jumlah konsumsi energi listrik. Keterbatasan batubara yang sifatnya tidak dapat di perbaharui maka provinsi Kalimantan Selatan tidak selamanya dapat menghasilkan energi listrik melalui PLTU yang berbahan bakar batubara. Sehingga pada penelitian ini berusaha menganalisis ketersediaan batubara dan kebutuhan listrik di masa yang akan datang, membuat simulasi model dinamik batubara sebagai bahan baku energi listrik yang dibutuhkan PLTU untuk memenuhi kebutuhan akan energi listrik di Provinsi Kalimantan Selatan. Dengan menggunakan pendekatan sistem dinamis untuk menemukan gejala-gejala yang mempengaruhi dari perkembangan jumlah batubara dan penggunaan energi listrik. Dari hasil perhitungan simulasi menggunakan aplikasi Powersim yang jangka waktunya dibatasi dari 2008-2028. Menunjukkan bahwa ketersedian batubara masih mencukupi untuk ekspor batubara dan penggunaan bahan bakar untuk enegri listrik. Dan energi listrik juga masih mencukupi untuk penggunaan Provinsi Kalimantan Selatan. Dengan rincian cadangan batubara mencapai 10.470.218.071,72 ton; ekspor 611.430.373,14 ton; produksi batubara 1.654.122.415,77 ton; konsumsi listrik 3.306.929,50 mwh; produksi listrik PLTU 1.666.367,00 mwh; produksi listrik Non PLTU 6,41e40 mwh; ketersediaan listrik l,56e40 mwh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Batubara, Cadangan, Produksi, Listrik, Konsumsi
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 18 Mar 2014 07:50
Last Modified: 23 Mar 2016 04:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11003

Actions (login required)

View Item View Item