PENENTUAN JUMLAH PRODUKSI OPTIMAL UNTUK MEMAKSIMALKAN LABA DENGAN METODE LINIER PROGRAMMING STUDI KASUS DI PT. SALAVI DWY SEJAHTERA MAGELANG

KHOIRUL INAYATI, NIM. 07660040 (2014) PENENTUAN JUMLAH PRODUKSI OPTIMAL UNTUK MEMAKSIMALKAN LABA DENGAN METODE LINIER PROGRAMMING STUDI KASUS DI PT. SALAVI DWY SEJAHTERA MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENENTUAN JUMLAH PRODUKSI OPTIMAL UNTUK MEMAKSIMALKAN LABA DENGAN METODE LINIER PROGRAMMING STUDI KASUS DI PT. SALAVI DWY SEJAHTERA MAGELANG)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENENTUAN JUMLAH PRODUKSI OPTIMAL UNTUK MEMAKSIMALKAN LABA DENGAN METODE LINIER PROGRAMMING STUDI KASUS DI PT. SALAVI DWY SEJAHTERA MAGELANG)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salavy Dwi Sejahtera adalah perusahaan yang bergerak dalam industri Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang menghasilkan produk berupa Karton (Cup) dan Galon. Perusahaan berproduksi dengan sistem make to sctok. Dalam proses produksi, perusahaan belum bisa menentukan jumlah produksi optimal sesuai dengan ketersediaan sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan. Sumber daya yang dimaksud adalah ketersediaan bahan baku serta waktu proses. Selain itu adanya fluktuasi permintaan masingmasig produk tiap bulannya juga berpengaruh pada penentuan jumlah produksi optimal. Penelitian ini mengoptimalkan keterbatasan sumber daya dalam industri AMDK agar diperoleh laba yang maksimal. Metode yang digunakan adalah pemrograman linier disertai dengan analisis sensitivitas. Penelitian dimulai dengan melakukan peramalan penjualan (forecasting) , perhitungan laba tiap produk dan menentukan model matematis untuk diselesaikan pada linier programming. Dari hasil pengolahan dan analisa data maka diperoleh jumlah produksi maksimum yang harus diproduksi oleh PT. Salavy Dwi Sejahtera sebesar 5249 karton dan 1500 produk galon sehingga akan diperoleh keuntungan sebesar Rp. 20,628,401. Selain itu berdasarkan analisis sensitivitas dapat diketahui bahwa bahan baku tutup dan tabung galon merupakan sumberdaya langka (pembatas) karena dengan ketersediaan bahan baku tabung galon menyebabkan shadow price sebesar Rp. 7,720 pada perusahaan. Selain tutup dan tabung galon, target produksi untuk karton juga menyebabkan shadow price sebesar Rp. 6,061.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Yandra Rahadian Perdana, M. T
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Forecasting, Linier Programming, Analisis Sensitivitas, Laba.
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Mar 2014 15:20
Last Modified: 23 Mar 2016 10:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11015

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum