PENGARUH NON PERFORMING FINANCING, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, PPAP DAN FINANCIAL LEVERAGE TERHADAP PRAKTIK PERATAAN LABA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA

NANA YULIANI, NIM. 09390106 (2013) PENGARUH NON PERFORMING FINANCING, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, PPAP DAN FINANCIAL LEVERAGE TERHADAP PRAKTIK PERATAAN LABA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH NON PERFORMING FINANCING, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, PPAP DAN FINANCIAL LEVERAGE TERHADAP PRAKTIK PERATAAN LABA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH NON PERFORMING FINANCING, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, PPAP DAN FINANCIAL LEVERAGE TERHADAP PRAKTIK PERATAAN LABA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Masalah keagenan (agency problem) muncul ketika manajer sebagai agen memiliki tujuan yang berbeda dengan pemilik perusahaan (principal) untuk memaksimumkan kemakmuran mereka. Manajer memiliki akses yang lebih banyak terhadap informasi internal perusahaan dari pada yang dimiliki oleh pemilik perusahaan, hal inilah yang kemudian disebut assymetri information. Adanya asimetri informasi memberikan keleluasaan kepada manajemen untuk memilih kebijakan dalam perusahaannya termasuk kebijakan mengenai penyusunan laporan keuangan. Untuk menimbulkan image perusahaan sebagai perusahaan yang baik seringkali manajer melakukan pengelolaan atas laba (earnings management) pada laporan keuangannya. Praktik manajemen laba salah satunya dapat dilakukan dengan metode income smoothing (perataan laba). Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terjadi praktik perataan laba pada bank syariah di Indonesia. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non Performing Financing (NPF), Profitabilitas yang diukur dengan nilai Return on Asset (ROA), Ukuran perusahaan (size) yang diukur dengan nilai total aktiva, Penyisihan Penghapusan Aktiva Produktif (PPAP) dan Financial leverage yang diukur dengan Debt to Equity Ratio (DER). Sedangkan variabel dependennya adalah Perataan laba yang diukur menggunakan Indeks Eckel (1981). Sampel penelitian diambil dari laporan triwulanan 4 bank syariah di Indonesia selama periode 2010- 2012 dan dianalisis menggunakan model regresi logit (logistic regression). Hasil penelitian menujukkan bahwa variabel Non Performing Financing (NPF), Profitabilitas, dan Ukuran perusahaan (size) berpengaruh positif signifikan terhadap praktik perataan laba yang dilakukan oleh bank syariah. Sedangkan variabel Penyisihan Penghapusan Aktiva Produktif (PPAP) dan Financial leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap praktik perataan laba pada bank syariah di Indonesia. Kata Kunci: Agency Problem, Perataan Laba (Income Smoothing), Indeks Eckel, Regresi Logistik, NPF, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, PPAP, Financial Leverage.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: SUNARSIH, S.E, M.Si
Uncontrolled Keywords: Agency Problem, Perataan Laba (Income Smoothing), Indeks Eckel, Regresi Logistik, NPF, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, PPAP, Financial Leverage.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 19 Mar 2014 13:51
Last Modified: 26 Sep 2016 14:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11037

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum