HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V A DI SDN REJONDANI MADUREJO PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2012/ 2013

SEPTI WULANDARI, NIM. 09480026 (2014) HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V A DI SDN REJONDANI MADUREJO PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2012/ 2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V A DI SDN REJONDANI MADUREJO PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2012/ 2013)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V A DI SDN REJONDANI MADUREJO PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2012/ 2013)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)

Abstract

Septi Wulandari, 2014. Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V A di SDN Rejondani Madurejo Prambanan Sleman Yogyakarta Semester I TahunPelajaran 2012/2013. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Orang tua berperan serta dalam memberi pengajaran kepada anaknya, karena proses pendidikan tidak hanya berlangsung di sekolah. Juga karena tanggung jawab dalam bidang pendidikan anak tidak seluruhnya menjadi tangggung jawab guru saat berada dalam lingkungan sekolah, namun juga menjadi tanggung jawab orang tua terutama saat berada dalam lingkungan keluarga. Sosok seorang ibu lebih berpengaruh dalam hasil pendidikan anak karena ibu sebagai pengelola rumah tangga berpotensi meluangkan waktu lebih optimal dari pada ayah yang lebih banyak meluangkan waktunya untuk bekerja. Juga ibu adalah lingkungan pertama tempat anak bersosialisasi. Sehingga potensi tingkat eratnya hubungan ibu dengan anak lebih besar dari ayah, dari hubungan batin ataupun sosial yang berperan dalam seluruh aktivitas yang dilaksanakan anak. Setiap orang membutuhkan ilmu sebagai bekal aktivitasnya, yang diantaranya diperoleh di bidang pendidikan. Sehingga, semakin tinggi pendidikan ibusebagai orang tua akan lebih tinggi pula prestasi belajar anaknya hal itu diwujudkan melalui eratnya hubungan anakdengan ibu. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana prestasi belajar siswa kelas V A di SDN Rejondani Madurejo Prambanan Sleman Yogyakarta, (2) Bagaimana tingkat pendidikan orang tua siswa kelas V A di SDN Rejondani Madurejo Prambanan Sleman Yogyakarta, (3) Bagaimana hubungan tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas V A di SDN Rejondani Madurejo Prambanan Sleman Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis diskriptif, dan korelasi product moment melalui pengolahan data spss 2000 tipe 15 terhadap populasi seluruh siswakelas V A semester I tahun ajaran 2012/ 2013. Pengumpulan data tingkat pendidikan ibu sebagai orang tua siswa menggunakan metode angket, dan data prestasi belajar siswa berupa nilai raport selama 1 semester menggunakan metode dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa, rata- rata nilai prestasi belajar yang di peroleh siswa V A (77.15) berada pada kualifikasi sedang. Tingkat pendidikan orang tua siswa kelas V A sebagian besar (53.84%) adalah SMA/ Sederajat. Hasil yang diperoleh dari korelasi product moment sebesar 0.395 atau 39.5%, dengan tingkat signifikan lebih kecil dari 0.05 berarti ada hubungan yang positif antara tingkat pendidikan ibu terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Ichsan M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Tingkat Pendidikan Orang Tua, Prestasi Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Mar 2014 11:27
Last Modified: 28 Feb 2017 15:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11064

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum