PENINGKATAN KOMPETENSI MENULIS NARASI DENGAN METODE TEMATIK INTEGRATIF PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH BLEMBEM, GUNUNGKIDUL

NIA NUR INDAH, NIM. 09480106 (2014) PENINGKATAN KOMPETENSI MENULIS NARASI DENGAN METODE TEMATIK INTEGRATIF PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH BLEMBEM, GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENINGKATAN KOMPETENSI MENULIS NARASI DENGAN METODE TEMATIK INTEGRATIF PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH BLEMBEM, GUNUNGKIDUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text ( PENINGKATAN KOMPETENSI MENULIS NARASI DENGAN METODE TEMATIK INTEGRATIF PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH BLEMBEM, GUNUNGKIDUL)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Nia Nur Indah, “Peningkatan Kompetensi Menulis Narasi Dengan Motode Tematik Integratif pada Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah Blembem, Gunungkidul”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013. Menulis merupakan suatu aktivitas komunikasi yang menggunakan bahasa sebagai mediannya. Wujudnya berupa tulisan yang terdiri atas rangkaian huruf yang bermakna dengan semua kelengkapannya, seperti ejaan dan tanda baca. Keterampilan menulis mempunyai peranan yang penting di dalam kehidupan manusia. Menulis sebagai suatu proses menuangkan ide dan perihal sebagai hasil renungan atau kontemplasi pikiran, perasaan, dan pengalaman seseorang dalam bahasa tulis untuk disampaikan kepada orang lain. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah metode tematik integratif dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis narasi pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah Blembem, Gunungkidul; (2) Apa saja faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam peningkatan kompetensi menulis narasi dengan metode tematik integratif pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah Blembem, Gunungkidul?; (3) Bagaimana hasil yang dicapai dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis narasi dengan metode tematik integratif MI Muhammadiyah Blembem, Gunungkidul? Jenis penelitian digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang bersifat kualitatif dan lokasi yang akan diteliti adalah MI Muhammadiyah Blembem, Gunungkidul. Aspek pokok dalam PTK yaitu penyusunan program, tindakan, observasi dan refleksi. Metode dalam penelitian ini meliputi: metode observasi, metode interview (wawancara), dan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memilih dan memusatkan data yang muncul dari catatan lapangan, kemudian menyusun pola hubungan dari hasil penelitian dalam bentuk naratif kemudian menarik kesimpulan dari data-data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan: (1) media pembelajaran sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa dan juga peranan orangtua juga berpengaruh dalam meningkatnya prestasi belajar siswa. (2) metode tematik integratif dapat meningkatkan kompetensi menulis narasi pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah Blembem, Gunungkidul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Aninditya Sri Nugraheni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Menulis Narasi, Tematik Integratif, Kurikulum 2013, Tema Bergabai Pekerjaan, Siswa Kelas IV MI.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 19 Mar 2014 05:38
Last Modified: 24 Feb 2017 09:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11076

Actions (login required)

View Item View Item