PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK TERARAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN MAHĀRAH QIRĀ’AH BAGI SISWA KELAS VIII B MTsN SUMBERGIRI PONJONG GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014

ABDUL FAQIH , NIM. 09420118 (2014) PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK TERARAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN MAHĀRAH QIRĀ’AH BAGI SISWA KELAS VIII B MTsN SUMBERGIRI PONJONG GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK TERARAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN MAHĀRAH QIRĀ’AH BAGI SISWA KELAS VIII B MTsN SUMBERGIRI PONJONG GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK TERARAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN MAHĀRAH QIRĀ’AH BAGI SISWA KELAS VIII B MTsN SUMBERGIRI PONJONG GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (960kB)

Abstract

ABDUL FAQIH. Penerapan Metode Diskusi Kelompok Terarah dalam Upaya Meningkatkan Mahārah Qirā’ah Siswa Kelas VIII B MTsN Sumbergiri Ponjong Gunungkidul Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pelaksanaan metode diskusi kelompok terarah dalam upaya meningkatkan mahārah qirā’ah siswa kelas VIII B MTs Negeri Pundong Bantul, (2) mengetahui seberapa efektif penerapan metode diskusi kelompok terarah dalam upaya meningkatkan mahārah qirā’ah bagi siswa kelas VIII B MTs Negeri Sumbergiri Ponjong Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, mengambil lokasi di MTsN Sumbergiri Ponjong Gunungkidul Tahun ajaran 2013/2014. Sedangkan jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII B MTsN Sumbergiri Ponjong Gunungkidul yang berjumlah 25 orang terdiri dari 17 orang siswa putra dan 8 orang siswi putri. Pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi, lembar soal pre-test, post-test dan evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan dua kesimpulan utama : (1) pelaksanaan tindakan, berupa penerapan diskusi kelompok terarah dengan membagi siswa menjadi kelompok besar dan kecil serta mendiskusikan tema sesuai dengan pembahasan pada materi teks qirā’ah, serta mencari kosakata yang sulit, observasi tindakan, berupa dengan lihat langsung respon anak terhadap penerapan metode diskusi kelompok terarah serta menanyakan kepada siswa mengenai metode yang telah di terapkan dan refleksi tindakan berupa penganalisisan tindakan siswa dan mencari solusi untuk diterapkan ke siklus selanjutnya. (2) setelah diterapkannya metode diskusi kelompok terarah dengan model diskusi kelompok kecil dan kelompok besar dalam pembelajaran bahasa Arab, mahārah qirā’ah siswa mengalami peningkatan. Hal ini terlihat pada nilai rata-rata pre-test, post-test dan evaluasi pada siklus I meningkat dari 63,2 menjadi 71,4 dan 83. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata pre-test, post-test, dan evaluasi meningkat dari 65,2 menjadi 79,2 dan 90,8. Dari peningkatan tersebut dapat dikatakan bahwa penerapan metode diskusi kelompok terarah dengan model dan dan tidak monoton sangat efektif dalam upaya untuk meningkatkan mahārah qirā’ah bagi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : M. Jafar Shodiq M.SI.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Metode diskusi kelompok terarah, mahārah qirā’ah dan efektif
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 19 Mar 2014 06:35
Last Modified: 03 May 2017 08:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11083

Actions (login required)

View Item View Item