PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN MENGGUNAKAN METODE CARD SORT KELAS VII MTs NEGERI NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014

ABDUL AZIZ LUTFI, NIM. 09420106 (2014) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN MENGGUNAKAN METODE CARD SORT KELAS VII MTs NEGERI NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN MENGGUNAKAN METODE CARD SORT KELAS VII MTs NEGERI NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text ( PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN MENGGUNAKAN METODE CARD SORT KELAS VII MTs NEGERI NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (978kB)

Abstract

Abdul Aziz Lutfi. Pemanfaatan media Cart Sort untuk meningkatkanpenguasaanmufradâtdan kitabah siswa kelas VII A MTs NNgemplak Sleman Yogyakart Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan pendidikan bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan media Cart Sort dapat meningkatkan penguasaanmufradât dan kitabah siswakelas VII A MTs N Ngemplak Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif yaitu suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tidakan yang mana di sini mengamati proses pembelajaran di dalam kelas dengan menggunakan metode Cart Sort, dalam penenlitian ini menggunakan beberapa pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media Cart Sort dapat meningkatkan penguasaan mufradât dan kitabah siswakelas VII MTs N Ngemplak Sleman Yogyakarta Pemanfaatan media card sort dalam pembelajaran kitabah dan mufrada^t di MTs N Ngemplak Sleman Yogyakarta berlangsung secara efektif. Pada awal proses pembelajaran guru memperkenalkan media card sort begitupula dengan penggunaannya. Untuk langkah pertama guru memperlihatkan media card sort kepada seluruh siswa, yang mana didalam media tersebut terdapat gambar dan dipasangannya terdapat mufrada^t nya. Langkah yang kedua guru memperaktekkan cara kerja media card sort. Pertama seorang guru menunjukkan bagian depan card sort yang berisi gambar, dan menunjukkan bagian lain card sort yang berisi mufrada^t. Media card sort tersebut juga didukung dengan adanya metode pembelajaran seperti, giving question and getting answer dan snowballing. Karena tanpa adanya metode yang tepat, pemanfaatan media kurang maksimal. Sedangkan factor pendukung metode Card Sort adalah, Gambar yang indah dengan warna yang cerah dan mudah untuk dibuat, Gambar sebagai media pembelajaran harganya relatif murah, dan siswa lebih senang dalam pembelajaranya, di karenakan proses pembelajaran dengan menggunakan metode Card Sort mengajak siswa bermain sambil belajar jadi siswa tidak tertekan oleh proses pembelajaranya. Adapun factor penghambat nya adalah, kurangnya waktu yang tersedia untuk proses pembelajaran, banyaknya siswa yang kurang faham dengan penggunaan metode Card Sort, kelas menjadi rame karena bnyaknya siswa yang masih bertanya sama temantemannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Mar 2014 13:32
Last Modified: 03 May 2017 15:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11084

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum